Kaprodi Teknik Sipil UII: Pencapaian Akreditasi Internasional Diperlukan Komitmen Semua Pihak

 Kajur Prodi Teknik Sipil UII: Pencapaian Akreditasi Internasional Diperlukan Komitmen Semua Pihak

Inisiasi transformasi sistem dari IBE menuju OBE perlu dirancang sesuai dengan standar internasional. Persiapan akreditasi bukanlah sekedar penyusunan dokumen saja namun menciptakan kegiatan yang sesuai dengan JABEE (Japan Accreditation Board for Engineering Education) kriteria maupun standar BAN-PT. Disamping itu penjaminan mutu pendidikan melalui jaminan ketercapaian, capaian pembelajaran melalui Learning Outcomes (LO) melalui jaminan terlaksananya PDCA cycle.

Demikian pemaparan Best Practices Akreditasi Internasional Program Studi yang disampaikan oleh  Miftahul Fauziah, ST, MT, Ph.D  Ketua Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) Universitas Islam Indonesia (UII), dalam  seminar peningkatan reputasi internasional bagi perguruan tinggi di Indonesia” yang diselenggarakan UII,  ditunjuk sebagi salah satu penyelenggara kegiatan Rapat Koordinasi Program Kerja Sama Nationwide University Network in Indonesia (NUNI) 2016 bertempat di Kampus UII, Jl. Kaliurang Km. 14,5 Sleman Yogyakarta kemarin Selasa (20 September).

Miftahul Fauziah, ST, MT, Ph.D menambahkan, komitmen semua pihak baik pimpinan, manajemen, dosen, mahasiswa maupun tendik untuk mau berubah menjadi kunci utama dalam pencapaian akreditasi internasional. Dukungan sistem informasi yang handal guna mendukung sistem dan jaminan ketercapaian LO sangan diperlukan, disampingg dukungan Badan Penjaminan Mutu (BPM) untuk menjamin proses proses penjaminan mutu sesuai dengan kriteria dan target capaian pembelajaran LO.   

Hadir dalam seminar dan Rapat Koordinasi Program Kerja Sama Nationwide University Network in Indonesia (NUNI) 2016 Koordinator Kopertis V DIY, Rektor UII, Dr. B.M. Purwanto, MBA (Wadek Bidang Kemahasiswaan Fakultas Ekonomika UGM),  Rektor Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY), Rektor Universitas Sanata Dharma (USD), Wakil Rektor I UII, para Dekan dilingkungan UII, serta peserta dari perguruan tingggi se Indonesia  yang berasal dari Universitas Brawijaya, Universitas Kristen Petra, Universitas Udayana, Universitas Andalas, Universitas Hasanuddin, Universitas Sumatera Utara, Universitas Muhammadiyah Malang serta Universitas Padjadjaran.

 Kajur Prodi Teknik Sipil UII: Pencapaian Akreditasi Internasional Diperlukan Komitmen Semua Pihak

Sebelumnya disampaikan sambutan oleh Rektor UII (Dr. Ir. Harsoyo, M.Sc.) dan Koordinator Kopertis Wilayah V DIY (Dr. Bambang Supriyadi).  Reputasi sangat dipengaruhi oleh cara pandang dan siapa yang memegang instrumen tersebut.  QS Star atau lembaga lainnya harus dapat dilihat dengan arif sebagai sebuah proses sinkronisai  di seluruh bidang,  jangan sampai kehilangan jati diri sebagai bangsa Indonesia. Jati diri ke-Indonesiaan itulah yang kita bisa bangun dengan adanya kolaborasi antar universitas dalam kerangka NUNI ini. Ungkap Rektor UII.