Terima Kunjungan MA PP.Amanatul Ummah FTSP UII Siap Berkompetensi Nasional-internasional

Terima Kunjungan MA PP.Amanatul Ummah FTSP UII Siap Berkompetensi Nasional-internasional

Fakultas Teknik Sipil (FTSP) Universitas Islam Indonesia (UII)  saat ini  menuju internasionalisasi,  2 (dua) Program Studi (Prodi) di Fakultas Teknik Sipil (FTSP) Universitas Islam Indonesia (UII) dalam proses menuju akreditasi internasional,   sedangkan 1 (satu) Prodi yang sudah  mendapatkan sertifikat akreditasi internasional adalah Prodi  Teknik Sipil  dari Japan Accreditation Board for Engineering Education (JABEE). Sedangkan Prodi Arsitektur saat ini sedang proses menuju akreditasi internasional menginduk Korean Architecture Accrediting Board (KAAB), dan Teknik Lingkungan menginduk Accreditation Board of Engineering and Technology (ABET) USA. FTSP UII yang terdidi dari 3 (tiga) Program Studi S1 ini menuju Internasionalisasi, sedangkan pembukaan Program Profesi Arsitektur juga telah mendapatkan persetujuan dari pemerintah,  sudah memiliki Pasca Sarjana S2 Teknik Sipil, serta Program S3 (Doktor) Teknik Sipil yang sedang menunggu persetujuan dari pemerintah. 

Terima Kunjungan MA PP.Amanatul Ummah FTSP UII Siap Berkompetensi Nasional-internasional

Demikian dikatakan Rayendra, ST., MT mewakili Dekan FTSP UII dalam sambutan penerimaan kunjungan Madrasah Aliyah Unggulan Pondok Pesantren (PP) Amanatul Ummah Surabaya Jawa Timur, Selasa Siang (27 September) bertempat di Auditorium Gedung Mohammad Natsir FTSP UII Jl.Kaliurang Km.14,5 Sleman Yogyakarta. Rombongan yang terdiri dari 90 (sembilan puluh) siswa yang didampingi 15 (lima belas) guru dengan maksud memberikan motivasi dan wawasan kepada anak didik guna mempersiapkan masuk ke Perguruan Tinggi yang ada di FTSP UII. 

Senada dengan Rayendra, Ketua Program Studi Arsitektur  (Noor Choolis Idham, Ph.D)  mengatakan bahwa FTSP UII yang terdiri dari 3 (tiga) Program Studi S1 siap ber-internasionalisasi, sehingga kepada adik adik calon mahasiswa baru FTSP UII diharapkan mampu aktif untuk berbahasa asing dan bahasa arab. Re-akreditasi beberapa tahun yang lalu  Arsitektur UII mendapatkan nilai akreditasi diangka 379 yang merupakan nilai tertinggi secara Nasional baik perguraun tinggi negeri maupun swasta, oleh karenanya  arsitektur UII layak berkompetensi di kancah Nasional maupun Internasional.   

 Terima Kunjungan MA PP.Amanatul Ummah FTSP UII Siap Berkompetensi Nasional-internasional

Sementara Ketua Program Studi Teknik Sipil (Miftahul Fauziah, ST., MT., Ph.D) mengatakan, atas dasar karunia Allah SWT  Program Sudi Teknik Sipil UII sudah mendapatkan sertifikat  akreditasi Internasional Japan Acreditation Board for Engineering Education (JABEE) secara utuh untuk masa 6 tahun kedepan  sejak Maret 2016. Kompetensi lulusan Teknik Sipil UII diharapkan mampu merancang, melaksanakan, dan mengawasi pelaksanaan bangunan ketekniksipilan dengan amanah, terampil, kompeten adaptif, inovatif dan berwawasan kebencanaan. Prodi Teknik Sipil UII yang telah memiliki berbagai macam alat laboratorium sebagai penunjang ber-internasionalisasi. Ungkapnya.

Sedangkan Sekretaris Program Study Teknik Lingkungan Any Juliani, ST., M.Sc menyampaikan bidang keilmuan teknik lingkungan yang tersedia, seperti penyehatan lingkungan permukiman baik air limbahnya, persampahan, dan drainase.  Penyediaan air bersih, pengendalian pencemaran air, tanah, udara, pengelolaan lingkungan industri (Limbah dan K3) dan pengelolaan lingkungan pertambangan (Limbahdan K3) pun merupakan bidang kelilmuan teknik lingkungan. Any pun menawarkan beberapa beasiswa seperti beasiswa akademik, beasiswa Kahar Mudzakir – Sardjito (AKMS), Mahasiswa Berprestasi, Beasiswa Penghargaan Minat Bakat & Penalaran Keilmuan, Beasiswa Penghargaan Publikasi Karya Tulis Mahasiswa, Beasiswa Mahasiswa Unggulan (BPKLN).  Teknik Lingkungan yang saat ini merintis akreditasi internasional ke  Accreditation Board of Engineering and Technology (ABET) USA siap berkopetensi dengan Perguruan Tinggi lain di kancah Nasional maupun Internasional. Ungkap Any.