Rapat Koordinasi Kerja FTSP UII Membudayakan Inovasi: Harmonisasi Tata Kelola, Transformasi Digital, dan Progres Mondial

Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) Universitas Islam Indonesia (UII) menyelenggarakan Rapat Koordinasi Kerja (Rakorja) guna menyusun Rencana Strategis (Renstra) Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) periode 2022-2026. Kegiatan diselenggarakan pada 10 Rabiu lawal 1445 H/25 September 2023 di Eastparc Hotel Yogyakarta dengan mengusung tema “Membudayakan Inovasi: Harmonisasi Tata Kelola, Transformasi Digital, dan Progres Mondial.

Secara resmi acara dibuka oleh Rektor UII, Prof. Fathul Wahid, S.T., M.Sc., Ph.D. yang dalam sambutannya menyampaikan bahwa FTSP merupakan fakultas senior, terdapat 3 jurusan yang diharapkan dapat merespon peluang dan dapat memberikan warna yang bersifat konstruktif. Misalnya, Jurusan Arsitektur dengan bisnis properti, atau terkait konservasi, contohnya bangunan-bangunan di kota Jogja yang terancam untuk kepentingan bisnis saat ini. Kemudian Jurusan Teknik Lingkungan bagaimana perannya dalam pengambilan kebijakan kepedulian lingkungan, serta Jurusan Teknik Sipil pengambil kebijakan dapat terwarnai dengan berbagai perspektif isu ilmu-ilmu mutakhir di bidang masing-masing.

“Jika dapat terwujud, sangat menarik. Tetapi memang tidak mudah. Namun, saya yakin bisa diinisiasi dari kelompok-kelompok kecil, yang nantinya akan menggelinding dan membesar,” tuturnya.

Beliau juga menambahkan bahwa perlu dipikirkan cara agar dapat meningkatkan dampak praktis, dari mulai bisnis, pemerintah, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), dan lain-lain. Selain itu sebagai strategi penguatan kelembagaan, di Jurusan Arsitektur, mulai tahun depan dapat diawali dengan persiapan pembukaan Program Doktor, karena dari sisi sumber daya sudah memenuhi ketentuan.

“Saya berpesan untuk program pasca sarjana bahwa perlu proses efisiensi agar cepat lulus sesuai dengan standar kelulusan dan mengurangi mahasiswa yang berguguran di tengah jalan,” imbuhnya.

Sementara itu, Dekan FTSP UII, Prof. Dr.c-Ing. Ir. Ilya Fadjar Maharika, MA., IAI., dalam paparannya menyatakan bahwa Rencana Strategis (Renstra) Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) periode 2022-2026 difokuskan pada beberapa klaster program, yaitu membangun niat kolektif, fokus pada harmonisasi, penyamaan persepsi dan ekspektasi internal, perkuatan tata kelola, proses bisnis, dan pengelolaan. Untuk harmonisasi dan pengelolaan kegiatan kemahasiswaan, diutamakan membangun kerjasama yang baik dan erat dengan lembaga mahasiswa serta memperkuat kolaborasi otentik dengan memperkuat kerangka kerja kolaborasi dan upgrade fasilitas, memperkuat kerangka kerja kolaborasi internal FTSP, internal UII dan dengan alumni di setiap jurusan di FTSP.

Prof. Ilya juga menegaskan bahwa membudayakan produksi inovasi konsolidasi dan hibah pusat studi dalam rangka pengembangan micro credential adalah dengan meningkatkan kerjasama dosen dan mahasiswa dalam penelitian dan pengabdian masyarakat, peningkatan profil lembaga untuk rekognisi internasional, peningkatan kualitas admisi, dan pembinaan mahasiswa.

“Mendifusikan dampak yaitu dengan memperkuat media sosial digunakan untuk mengelola informasi yang berdampak positif bagi FTSP, Coffee Morning Lectures, upgrading website sebagai knowledge management, pemanfaatan sumber daya institusi dan hasil penelitian,” tegasnya.

Beliau juga menambahkan bahwa pembudayaan dan penjulangan cabang produksi inovasi di antaranya adalah dengan pengembangan micro-credential dan mata kuliah pilihan fakultas berbasis pusat studi, membangun mazhab keilmuan FTSP sebagai penguatan identitas, penguatan kerjasama berdampak skala nasional, dan internasional termasuk dengan alumni dan diaspora Indonesia di luar negeri.

“Selain itu pentingnya pengembangan program kewirausahaan mahasiswa hingga menghasilkan produk yang dapat menjadi komoditi ekonomi dan pengembangan program penelitian dan kewirausahaan mahasiswa hingga menghasilkan produk yang dapat memperoleh pengakuan Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI),” tambahnya.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan pemaparan program kerja Jurusan Teknik Sipil Program Sarjana, Magister, Doktor), Jurusan Arsitektur Program Sarjana, Profesi, Magister, dan pemaparan program kerja Jurusan Teknik Lingkungan Program Sarjana, Magister. Di akhir acara dilakukan penyampaian hasil rumusan oleh tim perumus.