Dosen Jurusan Teknik Lingkungan, Eko Siswoyo, S.T., M.Sc. ES., Ph.D.  Raih Anugerah Academic Leaders LLDikti Wilayah V DIY

Dosen Jurusan Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP), Universitas Islam Indonesia (UII), Eko Siswoyo, S.T., M.Sc. ES., Ph.D., menjadi salah satu pemenang kategori bidang teknologi dalam Program Anugerah Academic Leaders yang diselenggarakan oleh Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah V Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Program Anugerah Academic Leaders digelar dalam rangka Fasilitasi Pengembangan Perguruan Tinggi Bidang Sumber Daya di Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah V Tahun 2023. Pengumuman dan penyerahan sertifikat pemenang dilakukan pada 5 Rabiulawal 1445 H/ 21 September 2023 di Hotel Grand Keisha, Yogyakarta.

Plt. Kepala LLDikti Wilayah V DIY, Prof. drh. Aris Junaidi, P.h.D. saat penyerahan penghargaan tersebut menyampaikan bahwa penyelenggaraan kegiatan pemberian anugerah dosen sebagai Academic Leaders tahun 2023 tersebut dilaksanakan dengan asas kebebasan akademik, partisipatif, keterbukaan, akuntabilitas, manfaat secara komersial, ekonomi dan atau sosial budaya, serta keberlanjutan.

Menurutnya, tujuan dari penyelenggaraan kegiatan anugerah Academic Leaders adalah memberikan dorongan kepada dosen agar terpacu untuk mengembangkan ide kreatif dalam implementasi Merdeka Belajar, Kampus Merdeka dan secara nyata berkontribusi terhadap pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU). Selain itu, tujuan yang lain yaitu membangun iklim kondusif penguatan dan pengembangan inovasi sebagai outreach dari riset iptek dalam penciptaan nilai tambah komersial, ekonomi dan atau sosial budaya secara berkelanjutan melalui kerjasama dengan berbagai pihak, baik di tingkat nasional maupun internasional.

Lebih lanjut beliau mengungkapkan bahwa untuk mencapai Indikator Kinerja Utama pada tingkat kementerian, maka perguruan tinggi memiliki peran yang sangat penting dan strategis. Keberhasilan perguruan tinggi dalam mencapai IKU sangat ditentukan oleh pemimpin akademik (academic leader), yaitu dosen yang memiliki visi keilmuan yang sangat jelas, menginspirasi rekan sejawat, dosen muda dan mahasiswa, unggul dalam 2 menghasilkan karya inovatif yang sering dijadikan rujukan sejawatnya, diterapkan oleh masyarakat, pemerintah, dan dunia industri, serta mendapat pengakuan baik nasional maupun internasional.

“Secara ringkas, keberhasilan perguruan tinggi sangat ditentukan oleh dosen dengan kapasitas sebagai Academic Leader yang visionary, innovative, inspiring and excellent,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Umum LLDikti Wilayah V DIY sekaligus Ketua Panitia Pelaksana, Taufiqurrahman, S.E, menyatakan bahwa jumlah peserta Program Anugerah Academic Leaders tahun 2023 mencapai 26 peserta untuk 6 bidang kategori yakni Sains, Teknologi, Sosial Humaniora, Kesehatan, Pertanian, dan Kependidikan. “Program Anugerah Academic Leaders tahun 2023 ini merupakan tahun kedua, acara yang sama diselenggarakan pada tahun 2022,” ujarnya.