KENALI CALON PIMPINAN UII MASA DATANG

Setelah melewati masa Penjaringan Bakal Calon Rektor (24 Januari 2022) dan Pemilihan Calon Rektor (31 Januari 2022), penentuan pemimpin Universitas Islam Indonesia (UII) memasuki babak baru. Sebanyak lima nama telah ditetapkan sebagai calon Rektor UII Periode 2022 -2026. Kelima calon Rektor yang salah satunya adalah incumbent rektor saat ini, akan memaparkan Action Plan pada tanggal 24 Februari 2022 mendatang.

Calon Rektor Universitas Islam Indonesia (UII) periode 2022-2026, antara lain sebagai berikut.

Prof. Fathul Wahid, S.T., M.Sc., Ph.D.

Guru besar Fakultas Teknologi Industri yang lahir di Jepara, 26 Januari 1974 ini selain menjabat sebagai Rektor Universitas Islam Indonesia, saat ini beliau juga menjabat sebagai Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) Wilayah V Daerah Istimewa Yogyakarta serta Wakil Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) Pusat.

Berbagai karya tulis beliau hasilkan di antaranya buku dengan judul Manajemen Universitas di Tengah Turbulensi, Sayap-Sayap Kemajuan Universitas, Affordances and effects of introducing social mediawithin eParticipation—Findings from government‐initiated Indonesian project, Unpacking Knowledge on Cloud Computing: An Umbrella Review, dan lain-lain. Selain itu, Prof. Fathul juga aktif menorehkan gagasannya di uii.ac.id/pojok-rektor, fathulwahid.wordpress.com, dan publikasiinternasional.­wordpress.com.

Dr.-Ing. Ir. Ilya Fadjar Maharika, M.A., IAI.

Doktor lulusan Universitaet Kassel, Jerman ini lahir di Temanggung, 2 April 1968. Saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Perencanaan dan Pengembangan/Rumah

Gagasan/Kantor Keberlanjutan Universitas Islam Indonesia. Berbagai penghargaan pernah diraihnya, antara lain sebagai Dosen Berprestasi Universitas Islam Indonesia (2019), Dosen Berprestasi dan Terproduktif, serta Ketua Program Studi Berprestasi (2013).

Dosen yang pernah menjadi Pengurus Nasional Wakil Ketua Bidang Kurikulum dan Pengembangan Keilmuan  APTARI ini aktif menulis dalam jurnal-jurnal ilmiah. Beberapa karyanya di antaranya Masjid Pasca Pandemi, Building Information Modelling (BIM) Adoption Model for Architectural Education, What Role Can Digital Platforms Play in Scaling the Social and Solidarity Economy?, dsb.

Prof. Riyanto, S.Pd., M.Si., Ph.D.

Prof. Riyanto merupakan Guru besar Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam lahir di Gandri, Ngawi pada tanggal 4 Mei 1971. Saat ini mengemban amanah sebagai Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UII. Berbagai prestasi berhasil diraihnya, antara lain pernah memperoleh penghargaan sebagai Dosen Berprestasi I Bidang Sains dan Teknologi UII (2021), Dosen Terproduktif II tahun 2018, Dosen Berprestasi 1 tingkat LLDIKTI, dsb.

Produktivitas ditunjukkan dalam kiprahnya di berbagai asosiasi baik tingkat daerah maupun nasional. Saat ini selain menjadi Wakil Ketua Himpunan Kimia Indonesia (HKI) Yogyakarta, beliau juga menjabat sebagai Ketua Divisi Pendidikan, Sains dan Teknologi, ICMI Kabupaten Sleman. Beberapa karya ilmiah yang berhasil ditulis pada tahun 2021, di antaranya: The uniqueness of isolation of nutmeg essential oil from nutmeg seeds (Myristica fragrans Houtt.) and its effects on physical and chemical properties, Kimia Forensik, serta Tiga Puluh Tujuh (37) Metode Pengolahan Limbah Medis dan Kimia.

Dr. Drs. Rohidin, S.H., M.Ag.

Doktor Ilmu Hukum UII ini lahir di Subang, 6 Maret 1967. Saat ini mengemban amanah sebagai Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Keagamaan dan Alumni UII. Dosen Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia ini aktif dalam asosiasi International Society for Islamic Legal Studies (ISILS) dan Perhimpunan Advokat Indonesia.

Beberapa karya tulis dihasilkannya, antara lain: Filsafat Hukum Pengantar Bagi Penstudi Hukum, Historisitas Hukum Kewarisan Islam Persfektif David S. Powers dan Implementasinya di Indonesia, Pendidikan Agama Islam Sebuah Pengantar, dll.

Dr. Zaenal Arifin, M.Si.

Doktor lulusan Ilmu Manajemen Universitas Indonesia ini lahir di Pati, 7 Agustus 1965.

Saat ini mengemban amanah sebagai Wakil Rektor Bidang Sumberdaya Dan Pengembangan Karir Universitas Islam Indonesia. Selain aktif dalam Forum Manajemen Indonesia dan Aliansi Pengelola MM Indonesia (APMMI), Dr. Zaenal juga aktif menulis karya ilmiah. Beberapa karyanya adalah Investment Strategy in Sharia Mutual Funds: Case Study on the Indonesian Capital Market, Prediction Model for The Persistence of Sharia Mutual Fund Performance in Indonesian Capital Market, Keuangan dan Pasar Modal Islam, dll.

Dosen Fakultas Bisnis dan Ekonomika UII ini juga pernah meraih penghargaan Best paper NCAB dan APMMI serta Best Lecturer IP Program FBE UII.