Sepuluh Mahasiswa Teknik Lingkungan FTSP UII Ke Jepang Belajar Teknologi dan Solar Cell

Sepuluh  mahasiswa Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) Universitas Islam Indonesia (UII)  masing masing Dio Prananda Dwi Ramdhani (13513140), Desy Budiarti (13513026), Baiq Raudatul Jannah (13513190), Arga Nayesha Amalia (13513081, Meutia Fakhriah Basuki (13513060), Fauzi Farid Muttaqien (13513144), Luthfia Rakhma Widyastuti (14513112), Siti Sevina Nurlitha (14513036), Dwita Subhi Ramadhani (14513121), dan Cahyo W (14513155), serta  didampingi Kepala Pusat Studi Lingkungan UII (Eko Siswoyo, Ph.D.) berangkat ke Tokyo Jepang yang merupakan bagian implementasi  dari kerjasama yang telah terjalin  antara  Tokyo University of Science  Jepang dengan Pusat Studi Lingkungan UII.

Kegiatan serupa  sudah dilakukan secara rutin setiap tahunnya  oleh mahasiswa Teknik Lingkungan UII, yang mendapat kesempatan untuk diundang dalam program belajar yang diselenggarakan oleh universitas negeri sakura. Keberangkatannya  ini diperoleh melalui hibah yang diperoleh dari lembaga Japan Science and Technology (JST) agency,  dalam Sakura Science Program yang berlangsung di Tokyo University of Science yang berlangsung pada  tanggal 7 hingga 14 November 2017 mendatang.

Selama berada di Jepang, kegiatan para mahasiswa akan banyak berkutat pada praktik dan kunjungan ke beberapa laboratorium yang ada di Tokyo University of Science. Mereka akan dibimbing oleh Prof. Kazuo Umemura selaku host program. Selain itu  juga akan berkunjung ke beberapa industri dan pusat riset yang fokusnya pada nano teknologi dan solar cell.  Dua  bidang ini merupakan bagian dari masa depan teknologi hijau.

Selama ini pihaknya selalu menjalin hubungan baik dengan lembaga pendidikan dan para akademisi di Jepang. Karena hal itu sangat bermanfaat dalam memberi peluang para mahasiswa untuk belajar teknologi maju dan juga meningkatkan kesempatan memperoleh beasiswa jenjang master di Jepang.

Sementara Dekan FTSP UII (Dr.-Ing.Ir.Widodo, M.Sc ) berharap  untuk meningkatkan internasionalisasi di fakultas, karena hal ini salah satunya didorong melalui kerjasama yang intens dengan berbagai universitas di Jepang. Di samping Tokyo University of Science, FTSP UII  juga telah erat berhubungan dengan universitas lain, seperti Gifu University dan Hokkaido University.