Kuliah Lapangan Mahasiswa FTSP Perkuat Pemahaman dan Pelaksanaan Manajemen Properti

Kuliah Lapangan Mahasiswa FTSP UII ke Rasuna Said Epicentrum Jakarta

Sebanyak 31 mahasiswa yang berasal dari Program Studi (Prodi) Teknik Sipil, Jurusan Teknik Sipil, Prodi Arsitektur, Jurusan Arsitektur dan Prodi Teknik Lingkungan, Jurusan Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP), Universitas Islam Indonesia (UII) melakukan Kuliah Lapangan dan Site Visit to Rasuna Said Epicentrum Jakarta pada Kamis, 21 Dzulqodah 1445 H/30 Mei 2024 dengan harapan tujuan agar mahasiswa mendapatkan pemahaman mengenai pelaksanaan manajemen properti di lapangan.

Dalam kegiatan kuliah lapangan ini, yang merupakan bagian dari pembelajaran mata kuliah Manajemen Properti tersebut didampingi oleh Vendie Abma, S.T., M.T., Muhammad Kholif Lir Widyoputro, S.T., M.Sc., Dr. Andik Yulianto, S.T., M.T., dan Tri Nugroho Sulistyantoro, S.T., M.T.

Sambutan Kuliah Lapangan Mahasiswa FTSP UII ke Rasuna Said Epicentrum Jakarta

Pada kesempatan tersebut diawal kegiatan dilakukan presentasi dan pemaparan oleh Melky Aliandri, ST., MBA. selaku Director PT. Bakrie Swasakti Utama dan CEO-Director PT. Provices Indonesia. Dalam paparannya beliau mengungkapkan bahwa manajemen properti adalah proses pengelolaan dan pengaturan properti fisik serta aset properti yang dimiliki atau dioperasikan oleh suatu organisasi atau individu. Hal ini mencakup berbagai aspek, termasuk perencanaan, pengembangan, pemeliharaan, perbaikan, pengelolaan sewa, dan penjualan properti.

Lebih lanjut Melky Aliandri menambahkan bahwa pada umumnya manajemen properti dikerjakan oleh seorang manajer yang berada pada top manajemen, yang memegang kunci kendali dan tanggung jawab mengelola suatu properti. “Keseluruhan fungsi-fungsi dari manajemen properti ini apabila diperankan secara baik dan profesional dapat menunjang tugas manajer properti dalam mencapai tujuan dari pemilik properti secara terarah dan berkelanjutan,” ungkapnya.

Kegiatan Kuliah Lapangan Mahasiswa FTSP UII ke Rasuna Said Epicentrum Jakarta

Lebih lanjut, Melky Aliandri mengungkapkan bahwa property management atau building management adalah jasa penggelolaan dan perawatan gedung, agar dapat mempertahankan atau meningkatkan nilai properti dan memberikan manfaat terbaik bagi pengguna atau pemilik gedung. Sedangkan integrated property management adalah merawat dan mengelola aset properti secara komprehensif dan terintegrasi, untuk memastikan bahwa seluruh fungsi berjalan dengan baik, serta memberikan manfaat terbaik bagi pemilik atau pengguna, sehingga masa manfaat aset tersebut bisa lebih panjang.

Baca Juga : FTSP UII Kolaborasi dengan Technical University of Munich Jerman

 

Site visit ke Office Bakrie Tower

Kemana saja tujuan mahasiswa pada kuliah lapangan ini?

Usai pemaparan materi kemudian dilanjutkan dengan site visit yang dibagi menjadi enam kelompok, yaitu di Office Bakrie Tower, Mall Epicentrum Walk, Apartement Masterpiece, Apartement The Wave, Office Wisma Bakrie dan Office Rasuna Epicentrum.

Antusiasme mahasiswa pada site visit manajemen properti

Mahasiswa terlihat sangat antusias dalam kuliah lapangan tersebut. Mereka memperhatikan setiap penjelasan yang disampaikan para narasumber. Beberapa kali mahasiswa pun mengajukan pertanyaan terkait pelaksanaan manajemen properti di lapangan.