Sehari Menjadi Mahasiswa UII: Pengalaman Mewujudkan Impian

Sehari menjadi mahasiswa UII di FTSP UIIYogyakarta, 25 Juni 2024 – Menjadi mahasiswa merupakan salah satu impian dan cita-cita bagi sebagian orang.  Universitas Islam Indonesia (UII) sebagai salah satu universitas swasta terbaik di Indonesia memberikan kesempatan kepada pelajar kelas XII untuk merasakan sehari menjadi mahasiswa di kampus UII. Pelajar berkesempatan mengikuti tur kampus ke fakultas-fakultas yang ada di UII, mengakses fasilitas kampus, serta mengikuti kuliah umum layaknya mahasiswa UII sesungguhnya.

Acara yang digelar pada tanggal 28 Dzulhijjah 1445 H/25 Juni 2026 ini sukses menarik animo pelajar dari Sekolah Menengah Atas baik negeri maupun swasta yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitarnya. Di awal kedatangan mahasiswa disambut dengan hangat oleh Markom, mahasiswa kakak tingkat yang sekaligus juga menjadi Marketing dan Komunikasi di hall Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) Gedung KH. Moh Natsir Kampus Terpadu UII. Selanjutnya mereka menuju ke laboratorium-laboratorium jurusan yang ada di FTSP.

Sehari menjadi mahasiswa UII di Arsitektur FTSP UII

Sehari menjadi mahasiswa? apa yang seru?

Di sini para pelajar mengamati pembuatan objek tiga dimensi dari model digital atau yang lebih dikenal dengan pencetakan 3D di Laboratorium Reka Rupa dan Ruang serta mengamati simulasi di ruang lighting Laboratorium Teknologi dan Kinerja Bangunan Jurusan Arsitektur. Pelajar juga berkesempatan melihat metode pengujian mekanik yang digunakan untuk menentukan sifat-sifat material baja seperti kekuatan tarik, batas luluh, dan elongasi di Laboratorium Bahan Konstruksi Teknik Jurusan Teknik Sipil. Proses uji tarik baja ini sangat penting untuk memastikan kualitas serta kinerja baja dalam aplikasi struktural. Selain itu pelajar kelas XII ini juga berkesempatan mengamati penggunaan alat Jartest untuk pengolahan Air di Laboratorium Teknik Lingkungan. Tak hanya pengenalan kampus FTSP, keseruan berlanjut tatkala pelajar mengikuti kuis berhadiah dengan cara berbagi pengalaman dan cerita mereka saat “Sehari Menjadi Mahasiswa UII” di media sosial masing-masing.

 

Sehari menjadi mahasiswa UII di Lab Bahan dan Konstruksi FTSP UII

Baca Juga : Kuliah Lapangan Mahasiswa FTSP Guna Memperkuat Pemahaman dan Pelaksanaan Manajemen Properti

Pengalaman sehari menjadi mahasiswa ini menjadi momen yang menarik dan seru bagi para pelajar. Hal ini diungkapkan oleh salah satu pelajar, Abdurrohman, “Pengalaman sehari menjadi mahasiswa sangat seru, jadi banyak tahu tentang UII dan mendapat kesempatan mengunjungi laboratorium yang keren”, ujarnya.

Pelajar dari salah satu MAN di Yogyakarta inipun menambahkan bahwa ia ingin melanjutkan studi di Program Studi Teknik Sipil FTSP UII dengan harapan dapat berkiprah membangun Kota Bima, yang merupakan kota asalnya, terutama bidang struktur agar menjadi  kota terdepan dan maju. Semoga pengalaman Sehari Menjadi Mahasiswa UII ini dapat memotivasi Abdurrohman dan pelajar lainnya untuk terus mengejar impian mereka di dunia pendidikan.