Rakorja FTSP UII 2024 Memperkuat Muruah, Terus Berbenah, Transformasi Lincah

Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Islam Indonesia menyelenggarakan Rapat Koordinasi Kerja Tahun 2024 yang bertujuan untuk mengevaluasi kinerja dan menentukan strategi serta program-program unggulan di tahun 2025. Acara ini diselenggarakan pada hari Kamis, 27 Rabiul Awal 2024/ 3 Oktober 2024 di Auditorium FTSP UII lantai 3 dengan dihadiri oleh jajaran pimpinan fakultas, dosen, dan struktural tenaga kependidikan. Selaras dengan Rakorja universitas, tema yang diangkat dalam Rakorja FTSP kali ini adalah memperkuat muruah, terus berbenah, transformasi lincah.

Dalam sambutannya Rektor UII, Prof. Fathul Wahid, S.T., M.Sc., Ph.D. mengingatkan kembali akan pentingnya muruah  dalam berorganisasi serta berkalibrasi dalam menjaga etika baik etika akademik maupun sosial. “Jangan terjebak dengan sindrom ‘ngene wae’ sehingga lupa untuk berbenah, untuk itu perlu adanya pengembangan hal-hal baru yang dapat ditularkan serta pengembangan lintas disiplin”, tambahnya. Guru besar bidang informatika ini juga  menyampaikan dengan adanya sumber daya manusia yang memadai, tranformasi lincah dapat dilakukan dengan membudayakan iklim delegasi dan saling percaya. “Kelincahan yang lain dapat berupa sistem dan pemanfaatannya yang optimal”, pungkasnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan UII, Prof. Dr.-Ing. Ar. Ilya Fadjar Maharika, M.A., IAI, dalam sambutannya menyampaikan berbagai capaian yang telah dilakukan di tahun 2024 dan program-program unggulan yang akan dilakukan pada tahun yang akan datang. “Membentuk branding baru secara berkelanjutan penting dilakukan untuk memperkokoh reputasi global, di antaranya dengan sosialisasi, marketing, serta pembentukan citra yang positif”, ungkapnya. Lebih lanjut, Dekan FTSP UII menuturkan beberapa program yang masih akan dilanjutkan, yakni usulan laboratorium riset terpadu desain dan rekayasa, usulan program studi baru Rancang Kota dan Konstruksi Digital, transformasi tata kelola berbasis layanan, serta perbaikan fasilitas.

Setelah paparan program kerja oleh dekan, kegiatan dilanjutkan dengan sesi paralel yang dilakukan oleh masing-masing jurusan di tempat yang terpisah. Jurusan Teknik Sipil melakukan pembahasan program kerja di Auditorium FTSP, Jurusan Arsitektur di Ruang IRC, serta Jurusan Teknik Lingkungan di Ruang Sidang MTS. Sesi paralel yang berlangsung kurang lebih 3 jam ini dipimpin langsung oleh masing-masing ketua jurusan untuk menghasilkan rumusan yang nantinya disampaikan saat rapat pleno.

Pelaksanaan rapat pleno dengan agenda pemaparan program kerja masing-masing jurusan dimoderatori oleh Prayogo Afang Prayitno, S.T., M.Sc. Selain itu, Wakil Dekan Bidang Sumber Daya serta Wakil Dekan Bidang Keagamaan, Kemahasiswaan, dan Alumni turut pula menyampaikan paparannya. Pada Sesi terakhir Rakorja yang berlangsung selama satu hari penuh ini, dipaparkan pula rumusan dari pokja.

Pembentukan kelompok kerja atau pokja merupakan hal baru dalam Rakorja kali ini. Ada tiga kelompok kerja yang merumuskan analisis dan program kerja sesuai dengan bidangnya masing-masing, di antaranya Pokja 1 terkait branding dan promosi dengan ketua Arif Budi Sholihah, S.T., M.Sc., Ph.D, Pokja 2 Income Generating dengan ketua Fajri Mulya Iresha, S.T., M.T., Ph.D, serta Pokja 3 Create Impact dengan ketua Tri Nugroho Sulistyantoro, S.T., M.T. Rapat Koordinasi Kerja yang dihadiri oleh kurang lebih 90 orang peserta ini ditutup secara khidmat dengan pembacaan doa oleh ustadz Rahmadi Agus Setiawan, S.Ag., M.A.