Sosialisasi PKM GT dan AI Tembuskan PKM 2016

{mosimage}Senin sore (14 Maret) Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) Universitas Islam Indonesia (UII) mengadakan sosialisasi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) bertempat di Ruang Sidang Teknik Sipil Gedung Mohammad Natsir FTSP UII Jl.Kaliurang Km.14,5 Sleman Yogyakarta. Sosialisasi yang diadakan kontinyu  sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, pada tahun 2016 ini Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Direktorat Jenderal Pendidikann Tinggi  menyelenggarakan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang meliputi PKM GT (Gagasann Tertulis) dan AI (Artikel Ilmiah) pendanaan tahun 2017 yang akan datang

Sebagai narasumber Kepala Bidang Alumni dan kemahasiswaan PPKF FTSP UII (Dr.Ir.Kasam, MT); Ir.Hastuti Saptorini, MA; dan Ir.Rini Darmawati, MT dengan peserta yang hadir 80 (delapan puluh) mahasiswa dilingkungan FTSP UII.  

Ir.Hastuti Saptorini, MA menyampaikan PKM AI merupakan produk Program Kreativitas Mahasiswa yang menuangkan pemikiran dan hasil kegiatan ilmiah yang telah dilakukan kedalam sebuah artikel sesuai kriteria standar penulisan jurnal ilmiah. Dimana PKM AI ini memiliki 3 (tiga) karakter yang harus diperhatikan seperti tanpa usulann pembiayaan, usulan berupa artikel ilmiah siap terbit yang mengikuti kelaziman kaidah penilisan suatu jurnal ilmiah, dan artikel bersumber dari kegiatann yang telah selesai dilakukan kelompok mahasiswa.

Sedangkan PKM GT adalah merupakan produk Program Kreativitas Mahasiswa yang menuangkan ide kreatif atas persoalan aktual yang dihadapi masyarakat. Terdapat 4 (empat) ciri ciri atau karakter PKM GT meliputi unik, kreatif, bermanfaat langsung masyarakat, dan solutif. Hastuti Saptorini, MA mengingatkan bahwa prasyarat pengunduhan proposal bisa diterima bilamana format dan perlengkapan administrasi terpenuhi dengan baik.

Sementara Dr.Ir.Kasam, MT berpendapat bahwa PKM AI merupakan artikel dari aktivitas yang sudah dilakukan, dan judul harus sesuai bidang ilmu ketua tim, serta bisa masuk ke e-joernal DIKTI. Sedangkan PKM GT mengenai ide atau gagasan inovatif, judul tidak harus sesuai bidang ilmu ketua tim, dan bisa masuk ke PIMNAS. Sedangkan Ir.Rini Darmawati, MT sebagai nara sumber menjelaskan mengenai kriteria pengusulan, sistematika proposal kegiatan, pembahasan sampai dengan kesimpulan.