FTSP UII Kirimkan Delegasi Ikuti PIT dan Pameran Riset Kebencanaan

Sample ImageSenin dan Selasa (23-24 Mei) Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) Universitas Islam Indonesia (UII) mengirimkan 2 (dua) delegasi dosen Teknik Sipil (Rayendra, MT dan M.Zaldy Yudha Satria, ST), dan Tenaga Tendik Magister Teknik Sipil (MT) guna mengikuti Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) dan pameran riset kebencanaan bertempat di Aula Barat Institut Teknologi Bandung (ITB) Jawa Barat. Kegiatan ini  telah menjadi agenda Nasional yang diselenggarakan setiap tahun oleh Ikatan Ahli Kebencanaan Indonesia (IABI). Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) Riset Kebencanan merupakan sarana untuk meningkatkan budaya ristek dan mengembangkan IPTEK melalui pendidikan, riset dasar dan terapan dari berbagai jenis karakteristik bencana di Indonesia.

Penyelenggaraan PIT Riset Kebencanaan dan pameran Ke-3 kerjasama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dengan Ikatan Ahli Kebencanaan Indonesia (IABI) ini bertajub “Paradigma Baru, Peran, dan Posisi Pembangunan Risiko Bencana dalam Konteks Sustainable Development Goals (SDGs)”. Sebagai narasumber Laksda (purn) Willem Rampangilei (Kepala BNPB), Ridwan Kamil, S.T, M.U.D (Walikota Bandung), Dr.Ir. Kadarsah Suryadi, DEA (Rektor ITB), Prof.H.Muhammad Nasir, Ph.D. (Menristek DIKTI), Ir. Basuki Hadimuljono, MSc. Ph.D. (Menteri PU dan Pera), Prof. Dr. Syamsul Maarif (Pengarah IABI), serta Slamet Rahardjo (Budayawan).

 

Beberapa rangkaian kegiatan meliputi Seminar Riset Kebencanaan, Orasi Budaya, Studi Lapangan dan didukung pula kegiatan pendamping yaitu pameran yang diikuti oleh 50 partisipan yang terdiri dari unsur Pemerintah, maupun Perguruan Tinggi termasuk didalamnya FTSP UII.

Pameran sosialisasi hasil riset kebencanaan bertujuan untuk mensosialisasikan pengetahuan tentang kebencanaan, berbagi pengalaman terbaik dalam pengembangan IPTEK, serta upaya meningkatkan kemampuan masyarakat guna memahami arti penting penanggulangan bencana.

 

Sample Image