Audit Realisasi RKAT 2017 FTSP UII, Tidak Ada Update Budget

Audit adalah proses sistematis yang dilakukan oleh orang yang  kompeten dan independen dengan mengumpulkan dan mengevaluasi bahan bukti dan bertujuan memberikan pendapat.  Kamis (1 Maret) di Ruang Sidang Dekanat  Gedung Muhammad Natsir Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) Universitas Islam Indonesia (UII) dilakukan Pembukaan sekaligus pelaksanaan Audit Realisasi Rencana Kerja Anggaran Tahunan (RKAT) tahun buku 2017 oleh tim auditor Yayasan Badan Wakaf UII.

Turut hadir Dekan FTSP  UII (Dr.-Ing.Ir.Widodo, M.Sc),  Wakil Dekan FTSP UII (Setya Winarno, Ph.D), Segenap Ketua dan Sekretaris Program Studi dilingkungan FTSP UII, Kepala-kepala Divisi  serta bebera staff kependidikan. Dalam sambutannya Dekan FTSP UII mengapresiasi kehadiran auditor dan berharap semoga pelaksanaan audit ini   berjalan dengan lancar.

Lead Auditor (Drs.Syamsul Hadi, MS, Ak, CA) mengatakan bahwa Audit Yayasan Badan Wakaf ini merupakan audit rutinitas tahunan untuk melihat program kerja secara kelembagaan (institusi) yang bersisi 2 (dua) hal, yaitu Manajemen dan Keuangan. Diharapkan kepada auditie dapat mengikuti closing di akhir audit, karena closing merupakan yang sangat penting.

Syamsul Hadi menambahkan, dengan harapan audit di FTSP kali ini tidak ada istilah update budget, hal ini karena pembuatan RKAT nya sudah semakin baik dari tahun sebelumnya. Update budged sifatnya sebatas menggeser hal hal yang kurang atau hal hal yang lebih, sehingga antara program kerja, aktifitas dengan anggaran RKAT harus sesuai (pas).

Audit ini semata mata bukan untuk menilai, namun untuk meninjau dan memperbaiki diri atas kekurangannya, dengan melihat pola mekanistik untuk penilaian keterselesaian terhadap  laporan keuangan harus ada hasil laporannya.   Terdapat 3 (tiga) indikator dalam audit yang terdiri dari M (memenuhi) 100 %, POB (perlu observasi) 90 %, dan PTL (perlu tindak lanjut) yang perlu digali.

Auditor terdiri dari Drs.Syamsul Hadi, MS.,Ak.CA; Karimatul Ummah, SH.,M.Hum;  Dra.Nur Rahmah Tri Utami, M.Soc.Sc.; Himawan Hidayat, SE, QIA; Shinta Aprilia WK, SE, Ak, CA; RR.Deviasri Sukmawati, SE,Ak; Ananda Aprishella P.A.P, SE;  dr.Titik Kuntari, MPH;  Ir.Hastuti Saptorini, MA, serta Annisa Kusuma Wardhani, SE.,Ak.

Selesainya pembukaan dilanjutkan audit masing masing unit bertempat di Ruang Sidang masing masing Program Studi Teknik Sipil, Arsitektur dan Teknik Lingkungan. Sedangkan Dekan dan Wakil Dekan audit dilaksanakan Jum’at   (2 Maret ) bertempat di Ruang Sidang Dekanat FTSP UII.