FTSP Gelar Halal Bi Halal dengan Nuansa Berbeda

Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) Universitas Islam Indonesia (UII) pada Ahad, 12 Syawal 1445 H/21 April 2024 menyelenggarakan acara Syawalan atau Halal Bi Halal yang dihadiri oleh pimpinan fakultas, pimpinan jurusan, pimpinan program studi, dosen, tenaga kependidikan, satuan pengamanan, cleaning service dan purna tugas beserta keluarganya dengan tema “Menata Rasa, Membangun Surga”.

Nuansa beda nampak dari dekorasi pintu masuk yang dihias dengan janur kuning beserta perlengkapannya, dan juga terbentang karpet merah menuju lokasi acara. Para hadirin mengenakan pakaian adat dan pembawa acara menggunakan 3 bahasa yaitu, Arab, Inggris dan Jawa.

Kegiatan yang dipusatkan di Hall Gedung Moh. Natsir Kampus FTSP secara resmi dibuka oleh Dekan FTSP UII, Prof. Dr. Ing. Ar. Ir. Ilya Fadjar Mahardika, MA., IAI., yang dalam sambutannya mengungkapkan bahwa acara halal bi halal atau syawalan tahun ini berbeda dengan sebelumnya. Menurutnya bahwa hal tersebut merupakan skenario besar untuk mengingat kembali bahwa tahun 2024 ini FTSP telah berusia 60 tahun. Dengan demikian maka FTSP harus sudah berani terbang, ke seluruh dunia menyebarkan semangat dan keilmuan yang dimiliki. “Sudah saatnya FTSP melesat menjadi anak panah yang bermakna, dan sekaligus berakar kuat pada tradisi yang kita bangun,” tuturnya.

Sementara itu, Ir. Wiryono Raharjo, M.Arch., Ph.D., Wakil Rektor Bidang Kemitraan & Kewirausahaan yang pada kesempatan tersebut mewakili Rektor menyatakan bahwa di FTSP terkait internasionalisasi cukup leading di UII. “Kami merasa bangga dan mengapresiasi acara syawalan di FTSP yang dikemas berbeda dan bernuansa nguri-uri budaya Jawa,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan tradisi sungkeman dan dilanjutkan dengan pagelaran wayang kulit dengan lakon “Semar Mbangun Kahyangan” dengan dalang Dr. Ir. Revianto Budi Santosa, M.Arch.

Usai pentas wayang diadakan pelepasan burung ke alam bebas sebagai tanda atau simbol rasa syukur sekaligus bertadabbur alam dengan melepaskan burung yang akan dipandu oleh mas Anggit Mas Arifuddin, S.T., M.T. di Innercourt FTSP. Di penghujung acara ditutup dengan Dongeng Anak oleh Penutur Nusantara “Kak Awe”.