FTSP Gelar ICSBE & KN-ILT 2022

Untuk ke-7 kalinya, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) Universitas Islam Indonesia (UII) kembali menggelar International Conference on Sustainable Built Environment (ICSBE) yaitu konferensi ilmiah berskala internasional yang secara rutin dilaksanakan setiap 2 tahun. Pelaksanaan ICSBE 2022 kali ini sangat istimewa karena dilaksanakan bersamaan dengan Konferensi Nasional Lingkungan Terbangun (KN-ILT) yang ke-6.

Kegiatan tersebut merupakan wadah bagi akademisi, mahasiswa, praktisi, pusat studi, serta instansi pemerintah maupun swasta untuk bertukar pikiran, berbagi pengetahuan dan bertukar informasi tentang studi lingkungan terbangun dan kebencanaan.

Tahun ini, ICSBE dan KN-ILT diselenggarakan pada 20-21 Rabiulakhir 1444 H/15-16 November 2022 secara daring dengan mengusung tema “Challenges and Strategies to Prepare for The Future Sustainable and Resilient Development”. Adapun subtema dari acara tersebut adalah Livable Rural and Urban Environment, Green Infrastructure, Sustainable Resource Management, Sustainable City dan Disaster Risk Management.

Pada kesempatan tersebut menghadirkan Prof. Hiroyuki Sakibara dari Yamaguchi University Japan, Dr. Alidost Ertugrul dari Research Center for Islamic History, Art and Culture Turkey, Prof. Karl Kim dari University of Hawai’i at Manoa USA, Prof. Nicole Uhrig dari Anhalt University Germany, Prof. Dr. Ir. Siti Rozaimah dari Universiti Kebangsaan Malaysia, Prof. Widodo Brontowiyono dari UII dan Dr. Ajeng Arum Sari dari Badan Riset dan Inovasi Nasional Indonesia.

Secara resmi acara dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Kemitraan & Kewirausahaan UII, Ir. Wiryono Raharjo, M.Arch., Ph.D., yang dalam sambutan singkatnya menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada keynote dan invited speakers, baik nasional dan internasional yang telah berkenan menjadi narasumber dan berpartisipasi dalam ajang ilmiah tersebut.

Di penghujung acara diberikan penghargaan untuk Best Paper KN-ILT yang berhasil diraih oleh Ir. Hastuti Saptorini, MA. dan Best Presenter diraih oleh Ir. Supriyanta, MT, keduanya dari UII.

Sementara itu, untuk Best Paper ICSBE diraih oleh Intan Afiah Rakhmatika, ST dari Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, dan Best Presenter diraih oleh Dr. Ir. Deprizon Syamsunur dari UCSI University Malaysia dan Fajri Mulya Iresha, S.T., M.T., Ph.D. dari UII.