FTSP Sambut 450 Mahasiswa Baru

Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) Universitas Islam Indonesia (UII) menyelenggarakan kegiatan penyambutan mahasiswa baru Tahun Akademik 2022/2023 pada 2 Safar 1444 H/29 Agustus 2022 di Hall Gedung KH. Moh. Natsir FTSP UII yang dihadiri oleh jajaran Pimpinan Fakultas, Pimpinan Jurusan, Pimpinan Program Studi (Prodi), dosen, lembaga mahasiswa, dan mahasiswa baru angkatan 2022 yang berjumlah sekitar 450 terdiri dari  mahasiswa Prodi Teknik Sipil, Prodi Arsitektur, dan Prodi Teknik Lingkungan.

Acara secara resmi dibuka oleh Dekan FTSP UII, Dr. –Ing. Ir. Ilya Maharika, M.A., IAI., yang dalam sambutannya mengungkapkan mahasiswa adalah agent of change, sang pembawa perubahan, yang menjadi pelaku social control, sang pengendali tatanan kehidupan sosial.  Mahasiswa yang bertindak sebagai moral force atau pembentuk moral dan merekalah iron stock yang akan meneruskan estafet perjuangan demi meneruskan cita-cita bangsa. Beliau juga menegaskan bahwa kuliah tidak hanya di dalam kelas tetapi juga aktif dalam organisasi karena keterampilan mengelola konflik, mengelola kesabaran, serta pembelajaran soft skill lainnya tidak diperoleh di dalam kelas tetapi melalui pengalaman berorganisasi. “Semua itu akan bermanfaat setelah lulus dan terjun di masyarakat,” tegasnya.

“Kami berharap para mahasiswa menjadi anak panah yang meluncur ke seluruh dunia, karena kalian mempunyai karakter orang hebat,” imbuhnya.

Untuk memotivasi mahasiswa baru, pada kesempatan tersebut secara daring menghadirkan alumni yang telah sukses di dunia kerja, yaitu Ir. Elvi Fadilah, MBA., Direktur Utama PT. Adhi Mix Precast Indonesia merupakan alumni Prodi Teknik Sipil, Fauzan Effendi, ST., Principal Architect T E A L I M A, alumni Prodi Arsitektur dan Saprian, ST., M.Sc., Chief Executive Officer at Environesia Global Saraya, alumni Prodi Teknik Lingkungan.

Ir. Elvi Fadilah, MBA., dalam kesempatan tersebut berpesan bahwa sebagai mahasiswa wajib bersosialisasi dengan lingkungannya, presensi hadir kuliah terpenuhi, mengikuti kegiatan atau organisasi yang ada di kampus, menambah keterampilan dengan mengikuti kursus atau pelatihan dan selalu berusaha untuk lulus tepat waktu.

Selanjutnya, Fauzan Effendi, S.T., menyatakan bahwa arsitek merupakan profesi yang paling seksi di dunia, arsitektur adalah sesuatu yang menyenangkan. “Ber-arsitektur di UII itu membuat levelnya naik lagi,” ujarnya.

Sementara itu, Saprian, ST., M.Sc., menyampaikan dan berpesan kepada para maba bahwa carilah satu dari sekian banyak kelebihan yang dimiliki, yang layak untuk diasah, layak untuk dikompetisikan yang akan menjadi pemenang. “Cari satu hal yang akan menjadi senjata andalan Anda,” cetusnya.

Dalam sesi penyambutan tersebut juga dipaparkan tentang layanan di Divisi Akademik, Divisi Umum, Divisi Teknologi Informasi dan Divisi Keuangan di lingkungan FTSP UII yang bertujuan agar mahasiswa baru mendapatkan gambaran secara menyeluruh tentang fasilitas pembelajaran serta jenis dan prosedur layanan sehingga mereka mengetahui kewajiban dan hak-haknya dalam lingkup akademik. Usai penyambutan dari fakultas kemudian dilanjutkan dengan penjelasan akademik di masing-masing prodi.