FTSP UII dan BRIN Jalin Kerjasama Riset

Dalam rangka mendukung kegiatan riset kolaboratif bidang pengendalian pencemaran dan analisis risiko lingkungan, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) Universitas Islam Indonesia (UII) menjalin kerjasama riset dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) melalui Pusat Riset Lingkungan dan Teknologi Bersih. Nota kesepahaman ditandatangani secara daring pada 9 Muharam 1445 H/27 Juli 2023 oleh Dekan FTSP UII, Dr. –Ing. Ir. Ilya Fadjar Maharika, MA., IAI. dengan Kepala Pusat Riset Lingkungan dan Teknologi Bersih BRIN, Dr. Sasa Sofyan Munawar, S.Hut., M.P.

Dr. –Ing. Ir. Ilya Fadjar Maharika, MA., IAI. dalam sambutannya menyambut gembira inisiatif yang akhirnya terwujud dalam bentuk penandatanganan perjanjian tersebut. Menurutnya tidak mudah mempertemukan dua lembaga yang memiliki dua tradisi dan mekanisme yang berbeda, tetapi akhirnya dapat bertemu pada kepentingan yang sama, terlebih mengenai riset dan pembelajaran.

Pada kesempatan tersebut beliau juga menegaskan bahwa saat ini UII sedang membangun paradigma baru bahkan sampai melakukan rebranding ke lembaga lain untuk memastikan bahwa UII berada di jalur yang tepat dalam membangun masa depan. “Kami berharap kerjasama ini dapat membuka banyak peluang, khususnya dalam bidang riset, pendidikan, dan pembelajaran, sekaligus sebagai kesempatan mendapatkan pembimbingan langsung dari BRIN,” tuturnya.

Sementara itu, Dr. Sasa Sofyan Munawar, S.Hut., M.P. dalam kesempatan yang sama mengungkapkan bahwa terdapat empat bidang kerja sama yang tertuang dalam kesepakatan tersebut yaitu, riset dan inovasi, pendidikan melalui pembimbingan, publikasi karya tulis ilmiah, dan penyelenggaraan seminar bersama.

“Dengan ditandatanganinya perjanjian kerja sama ini, kita punyak hak dan kewajiban yang harus dilaksanakan. Saya dan Dekan FTSP UII nantinya akan mengawasi langsung pelaksanaan perjanjian kerjasama ini,” ungkapnya.