FTSP UII Workshopkan Penyiapan Pembukaan Internasional Program

http://fcep.uii.ac.id/images/2017/juni/IP/1.jpg

Rabu (14 Juni) Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) Universitas Islam Indonesia (UII) menggelar Workshop International Program bertempat di Ruang Sidang Teknik Sipil Gedung Mohammad Natsir FTSP UII Jl.Kaliurang Km.14,5 Sleman Yogyakarta. Selaku nara sumber Drs.Anas Hidayat, Ph.D dan Muhammad Ridwan, Ph.D yang dihadiri 40 (empat puluh) dewan dosen FTSP UII.

Workshop mendapatkan sambutan hangat dari Universitas yang disampaikan oleh Wakil Rektor I (Dr.Ing. Ir.Ilya Fadjar Maharika, MA., IAI.) di hadapan Dekan FTSP UII (Dr.Ing.Ir.Widodo, M.Sc), Ketua dan Sekretaris Program Studi, Ketua dan Sekretaris Pasca Sarjana, serta dewan dosen FTSP UII.

Dr.Ing.Ir.Ilya Fadjar Maharika menuturkan bahwa secara garis besar, Universitas Islam Indonesia (UII)  bertujuan untuk internasionalisasi, idealnya di semua program studi UII yang bertujuan untuk menawarkan lingkungan belajar yang internasional untuk mengundang mahasiswa asing dan mendidik mahasiswa lokal. Oleh karena posisi universitas sebagai produksi atau pemproduksi pengetahuan, dan menimbang bahwa UII adalah universitas swasta yang mandiri finansial, maka pihak universitas banyak mengemukakan aspek-aspek internationalisasi, disamping sisi manajemen dan mekanisme sistemiknya.

Wakil Rektor I UII menambahkan, hubungannya dengan International Program ini bahwa secara garis besar universitas menawarkan 4 skema yaitu full degree  international class, kelas internasional dengan sebagian berbahasa inggris,  kelas reguler dengan siswa internasional,  dan skema-skema pertukaran mahasiswa, baik dengan sistem credit earning atau non credit earning. Ungkapnya.

Senada dengan Wakil Rektor I UII, Drs. Anas Hidayat, MBA, Ph.D. menawarkan perspektif yang berbeda. Perspektif Hidayat lebih menekankan pada aspek value (pendidikan). Menjadi internasional tidak berarti melupakan akar Islami. Ungkap Anas Hidayat.