Mahasiswa Penerima Beasiswa Unggulan FTSP UII Ikuti Sail Selat Karimata 2016

Mahasiswa Penerima Beasiswa Unggulan FTSP UII Ikuti Sail Selat Karimata 2016 Paling tidak 5 (Lima) pemuda-pemudi delegasi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tengah bersiap untuk mengikuti kegiatan Kapal Pemuda Nusantara (KPN) 2016 yang diselenggarakan oleh Kementrian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia yang bekerjasama dengan TNI Angkatan Laut dalam upaya membekali pengetahuan bagi pemuda Indonesia tentang dunia kebaharian. Setelah melalui tahapan panjang mulai dari seleksi berkas, seleksi wawancara hingga Seleksi Final yang telah diselenggarakan di Youth Center dan Pantai Sadeng Yogyakarta sejak tanggal 26 April – 28 April 2016.

Delegasi putra terpilih Muhammad Ikhlasul Amal mahasiswa Manajemen UNY dan Keenan Mukti Sinatriya Shangga Nagari mahasiswa Pariwisata FIB UGM dengan didampingi oleh dua penerima Beasiswa Unggulan dari BPKLN Kemenristekdikti Republik Indonesia yaitu Adam Ikhya Alfarokhi (12513134) lulusan berprestasi Teknik Lingkungan Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta dan Ignatius Mahendra Duta Saputra lulusan terbaik mahasiswa Pariwisata di STiPRAM, sedangkan delegasi terpilih putri yaitu Merlangen Enfani Harismina mahasiswi Teknik Arsitektur UGM.  

Adam Ikhya Alfarokhi yang baru saja lulus dari Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) UII yang akan mengikuti acara serimonial Wisuda Oktober yang akan datang bersama teman temannya mengatakan, kita  adalah pemuda pilihan  yang dapat merepresentasikan Yogyakarta ditingkat nasional dalam Kapal Pemuda Nusantara dan sebagai duta bahari DIY 2016 yang berwawasan bahari dan seni budaya. Selain itu kegiatan mereka selama berada di atas kapal adalah membawa misi persahabatan dan kebudayaan dalam memperkenalkan potensi bahari dan Daerah Istimewa Yogyakarta kepada delegasi dari provinsi lainnya dan delegasi dari negara se-ASEAN di atas kapal.

Tahun ini Kapal Pemuda Nusantara juga akan bergabung mengikuti acara puncak Sail Selat Karimata di Kayong, Kalimantan Barat. Puncak acara  Sail Selat Karimata 2016 akan dilaksanakan pada 15 Oktober 2016 yang rencana akan secara resmi dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. KPN ini merupakan program unggulan Kementrian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia yang rutin diselenggaraan setiap tahun, yang bertujuan untuk meningkatkan rasa nasionalisme, memperluas wawasan kebaharian dan wirausaha pada pemuda diseluruh Indonesia. Pemuda pilihan dari setiap provinsi di Indonesia akan bergabung untuk berlayar bersama mengarungi samudra dan memperkenalkan pariwisata di daerah tujuan sebagai destinasi pariwisata nasional maupun internasional.

Program “Sail Karimata 2016” akan dilaksanakan kurang lebih selama 1 bulan di tanggal 29 September – 19 Oktober 2016 yang diikuti para pemuda perwakilan dari setiap provinsi dengan jumlah total 102 orang dengan rute pelayaran Jakarta – Belinyu – Kijang – Letung – Terempa – Natuna – Midai – Serasan – Pontianak.

Sebagai penerima Beasiswa Unggulan BPKLN Kemenristekdikti Adam mengaku sangat bangga terpilih kembali setelah sebelumnya mewakili DIY pada tahun 2014 yaitu pada saat Sail Raja Ampat menambahkan bahwa karena dengan hal ini mahasiswa penerima beasiswa unggulan dari pemerintah dapat menunjukkan bahwa memang unggulan, oleh karena itu kesempatan untuk dapat berkontribusi dalam kepemudaan tingkat nasional harus benar-benar dimanfaatkan sebaik-baiknya. Ujar Adam.