Post Visit Seminar KAAB FTSP UII, Pentingnya Akreditasi Internasional

http://fcep.uii.ac.id/images/berita_november_2016/4/DSCF6541R.jpg

Kamis (24 Nopember) Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) Universitas Islam Indonesia (UII) menyelenggarakan Post Visit Seminar Korea Architecture Accrediting Board (KAAB) dan Akreditasi Arsitektur di Indonesia bertempat di Auditorium Gedung Mohammad Natsit  FTSP UII Jl.Kaliurang Km.14,5 Yogyakarta.

http://fcep.uii.ac.id/images/berita_november_2016/4/DSCF6553.JPG

 

 http://fcep.uii.ac.id/images/berita_november_2016/4/DSCF6562.JPG

Dalam sambutannya Presiden Korea Architecture Accrediting Board (KAAB), Bumshik Shin mengatakan adanya semangat yang tinggi dari sivitas akademika FTSP UII ketika menerima visitasi KAAB. Beliau juga mengatakan  semangat yang  dirasakan sewaktu   mengimplementasikan standar akreditasi internasional  yang pertama kali. Walaupun  di Negara Indonesia belum diwajibkan, akan tetapi Program Studi Arsitektur  FTSP UII sudah memberanikan diri mendahuluinya.

http://fcep.uii.ac.id/images/berita_november_2016/4/DSCF6559.JPG

Dr. Adib Abadi selaku Ketua Asosiasi Pendidikan Tinggi Arsitektur Indonesia (APTARI) mengemukakan inisiasi UII untuk menyelenggarakan seminar akreditasi internasional arsitek merupakan langkah yang sangat positif guna memajukan bersama pendidikan arsitektur di Indonesia. Karena sampai saat ini menurut Dr.Adib bahwa  baru mencatat 2 (dua) Program Studi Arsitektur yang berani melangkahnya, yaitu UII itu sendiri dan Institut Teknologi Bandung (ITB). Dengan harapan semoga Program Studi arsitek lainnya yang berada di Indonesia dapat mengikuti langkah yang sama di tahun yang akan datang.

http://fcep.uii.ac.id/images/berita_november_2016/4/DSCF6584.JPG

Senada dengan Ketua APTARI, Dekan FTSP UII (Dr.-Ing. Ir. Widodo, M.Sc) pun mengatakan, penyelenggaraan post visit seminar KAAB dan akreditasi internasional arsitek merupakan langkah yang sangat positif guna memajukan pendidikan. Oleh karenanya apresiasi diberikan kepada para pengelola pendidikan arsitektur sebagai kesadaran untuk membangun kualitas lulusan yang lebih baik.

http://fcep.uii.ac.id/images/berita_november_2016/4/DSCF6566.JPG

http://fcep.uii.ac.id/images/berita_november_2016/4/DSCF6619.JPG

Sebagai narasumber Post visit seminar KAAB Prof. Jaepil Choi dan Prof. Junyuk Lee dari Korea Selatan memaparkan pentingnya akreditasi internasional. Sedangkan narasumber lainnya Dr.Heru Poerbo (ITB), Noor Cholis Idham, Ph.D (UII), Dr.Adib Abadi (APTARI), Ahmad Djuhara (Pengurus Ikatan Arsitektur Indonesia), Prof.Dr.rer.nat.Imam Buchori (Anggota Majelis Akreditasi BAN-PT), dan Dr.Ridwan (Direktorat Jendral Pembelajaran dan Kemahasiswaan RI).

http://fcep.uii.ac.id/images/berita_november_2016/4/DSCF6566.JPG