Prodi Teknik Sipil FTSP UII Terima Kunjungan Study Banding dari Universitas Serang Raya

http://fcep.uii.ac.id/images/2017/Agustus/foto1_sudy-banding-jts.jpg

Program Studi (Prodi) Teknik Sipil Fakultas Teknik Sipil (FTSP) Universitas Islam Indonesia (UII) Selasa (1 Agustus) menerima 9 (sembilan) rombongan kunjungan dari Universitas Serang Raya di Gedung Mohammad Natsir FTSP UII Jl.Kaliurang Km.14,5 yang diterima langsung oleh Ketua Prodi Teknik Sipil  FTSP UII (Miftahul Fauziah, ST., MT., Ph.D)  serta beberapa dewan dosen selaku Ketua Laboratorium Prodi Teknik Sipil.

Maksud dan tujuan kunjungan Universitas Serang Raya ini untuk study banding menggali ilmu yang terkait dengan kurikulum yang ada di Prodi Teknik Sipil serta  jenis jenis laboratorium yang ada di Prodi Teknik Sipil FTSP UII.

Dalam penerimaan kunjungan Study Banding Ketua Prodi Teknik Sipil  (Miftahul Fauziah, ST., MT., Ph.D) menuturkan, pada mulanya di akhir tahun 2012 Prodi Teknik Sipil FTSP UII  didorong oleh Universitas untuk meningkatkan akreditasi yang lebih tinggi, hal ini karena sudah terakreditasi A maka sangat perlu ditingkatkan lagi mengajukan akreditasi internasional standar dengan Japang Accreditation Board Education (JABEE) sebagai salah satu badan akreditasi yang sudah diakui dunia internasional yang menjadi salah satu anggota washington qoutes. Walaupun menurut visi dan misi Prodi Teknik Sipil FTSP UII harus terakreditasi internasional pada tahun 2025, namun Alhamdulillah Tahun 2016 Prodi Teknik Sipil UII sudah mendapatkan sertifikasi akreditasinya yang berlaku  sejak September 2015  hingga september tahun 2021 dari JABEE tersebut.

Miftahul Fauziah menegaskan bahwa, Teknik Sipil di Indonesia baik negeri maupun swasta yang pertama kali mendapatkan akreditasi internasional satu satunya baru Teknik Sipil UII. Teknik Sipil UII mempunyai kekhususan yang tidak dimiliki oleh Teknik Sipil yang ada di Perguruan Tinggi lain. Kompetensi lulusan di Teknik Sipil UII diharapkan mampu merancang, melaksanakan, dan mengawasi pelaksanaan bangunan ketekniksipilan dengan amanah, terampil, kompeten adaptif, inovatif dan berwawasan kebencanaan, yang ditunjang  8 (delapan)  macam alat laboratorium.  

Sedangkan sistem pendidikan yang ada di Prodi Teknik Sipil UII menggunakan kurikulum 2014, yaitu sistem pendidikan menuju OBE (Outcome Based Education) dengan capaian LO (Learning Outcome). Sedangkan evalusi masa study tepat waktu 4 (empat) tahun saat ini prosentasi mencapai 20 %, hal ini untuk mendorong mahasiswa supaya dengan segera menyelesaikan studynya. Sedangkan perkuliahan dan evaluasi terbagi menjadi tatap muka kuliah, Mata Kuliah berpraktikum melekat (disesuaikan dengan kapasitas laboratorium), dan evaluasi. Ungkap Miftahul Fauziah.