Suhijrah Willa Widodo Merasa Bangga dan Terhormat Bisa Menjadi Bagian Keluarga UII

Suhijrah Willa Widodo Merasa Bangga dan Terhormat Bisa Menjadi Bagian Keluarga UII

Berilmu amaliah, beramal ilmiah adalah salah satu slogan yang menarik perhatian saya ketika pertama kali menginjakkan kaki di Universitas Islam Indonesia (UII). Hal itu bisa terlihat dari komitmen UII dengan menjunjung tinggi nilai-nilai chatur dharma, yakni pendidikan dan pengajaran, penelitian, pengabdian, serta   dakwah islamiyah. Inilah yang menjadi nilai tambah dan membuat UII berbeda dengan kampus lain.

Demikian dikatakan Suhijrah Willa Widodo (12512186) Mahasiswa Arsitektur UII ketika bincang bincang dengan reporter kemarin sore Jum’at (26 Agustus). Widodo (nama panggilan) telah berhasil menyelesaikan studynya di Program Studi Arsitektur dan hari ini Sabtu (27 Agustus) mengikuti upacara seremonial Wisuda Sarjana di Kampus UII Jl.Kaliurang Km.14,5 Yogyakarta.

Putra Sulawesi Barat yang berdomilisi di Banguntapan Bantul Yogyakarta ini mengatakan, untuk menghasilkan insan-insan penerus bangsa yang ulil albab, UII mewujudkan dengan program-program seperti Orientasi Nilai Dasar Islam (ONDI), Baca Tulis Al-Qur’an (BTAQ), serta Asistesnsi Agama Islam (AAI) diawal perkuliahnnya. Inilah yang terus ditanamkan mulai pertama kali masuk hingga dalam proses pembelajarannya agar nantinya mahasiswa UII dapat menjadi rahmatanlilalamin. Dimana proses menuntut ilmu selalu di imbangi dengan nilai-nilai islam. Oleh karena itu, saya merasa bangga dan terhormat bisa menjadi bagian keluarga UII.

Sepanjang karir sebagai mahasiswa UII, saya mendapatkan banyak kesempatan untuk terus berkarya dan mewujudkan impian, seperti menjadi asisten dosen di Program Studi Arsitektur, mengikuti kegiatan di tingkat Nasional, hingga Internasional seperti winterschool yang diadakan kerjasama antara Program Studi Arsitektur UII dengan Fatih Sultan Mehmet Vakif Universitesi (FSMVU) Turki. Selain itu semenjak awal kuliah, pada tahun 2012, Alhamdulillah saya mendapat kesempatan sebagai penerima Beasiswa Unggulan Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri (BU-BPKLN). Hal tersebutlah yang menjadikan UII sebagai pilihan yang tepat bagi saya, karena mampu mengkomodir kebutuhan saya untuk berkarir di masa depan.

hijrah widodo

Widodo menambahkan, sebagai alumni Program Studi Arsitektur, saya menghaturkan terima kasih banyak kepada UII  khususnya Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) serta Program Studi Arsitektur yang telah menyediakan wadah bagi saya untuk terus belajar dan berkarya. Kita sadari bahwa tantangan dimasa depan akan semakin berat. Untuk itu besar harapan saya agar UII bisa konsisten dalam mewujudkan visi misinya sebagai institusi yang berintegritas serta mampu melahirkan generasi penerus bangsa yang berguna bagi masyarakat Indonesia pada khususnya dan masyarakat global pada umumnya.

Untuk teman teman seperjuangan semoga kita dapat mewujudkan cita-cita dan mengamalkan ilmu kita di tengah tengah dimasyarakat. Serta untuk adik-adik yang masih menempuh perkuliahan, agar terus semangat dalam belajar, pantang menyerah, jalin kerjasama dan kekeluargaan antar mahasiswa, maupun dengan staff pengajar agar terwujudnya kualitas pembelajaran dan pendidikan yang semakin baik. Pesan Widodo.