Terima Kunjungan MAN Teluk Kuantan Riau, FTSP UII SIap BerInternasionalisasi

terima kunjungan MAN Kuantan Riau

Fakultas Teknik Sipil (FTSP) Universitas Islam Indonesia (UII)  saat ini  menuju internasionalisasi,  2 (dua) Program Studi (Prodi) di Fakultas Teknik Sipil (FTSP) Universitas Islam Indonesia (UII) dalam proses menuju akreditasi internasional,   sedangkan 1 (satu) Prodi yang sudah  mendapatkan sertifikat akreditasi internasional adalah Prodi  Teknik Sipil  awal Maret 2016 yang lalu yang menginduk Japan Accreditation Board for Engineering Education (JABEE). Sedangkan Prodi Arsitektur saat ini sedang proses menuju akreditasi internasional menginduk Korean Architecture Accrediting Board (KAAB), dan Teknik Lingkungan menginduk Accreditation Board of Engineering and Technology (ABET) USA.

Demikian kata sambutan Noor Choolis Idham, Ph.D Ketua Program Studi Arsitektur yang mewakili Dekan FTSP UII dalam menyambut penerimaan kunjungan MAN Teluk Kuantan Riau Selasa (31 Mei) bertempat di Auditorium Gedung Mohammad Natsir FTSP UII Jl.Kaliurang Km.14,5 Sleman Yogyakarta. Lebih lanjut Noor Cholis mengatakan bahwa FTSP UII siap ber-internasionalisasi, sehingga kepada calon mahasiswa baru FTSP UII diharapkan mampu aktif untuk berbahasa asing. Pintanya.

Sedangkan selaku Ketua Program Studi Arsitektur (Noor Cholis Idham, ST., M.Arch.,Ph.D) menyampaikan keistimewaan Arsitektur. Arsitektur adalah ilmu yang berhubungan dengan perencanaan, desaindan konstruksi bangunan dengan mempertimbangkan lingkungan dan estetika pendidikan melahirkan Profesi (Dokter, Lawyer, Accountant, Architect), pada umumnya berlangsung selama 5 tahun (4+1), pengalaman kerja (Minimal 2 penempatan kerja sebelum lulus).

Tahun 2012 Arsitek UII mendapatkan nilai akreditasi diangka 379 yang merupakan nilai tertinggi secara Nasional baik perguraun tinggi negeri maupun swasta, oleh karenanya  arsitektur UII tidak merasa takut untuk berkompetensi di kancah Nasional maupun Internasional. Ungkapnya.

Sementara Ketua Program Studi Teknik Sipil (Miftahul Fauziah, ST., MT., Ph.D) mengatakan bahwa Alhamdulillah pada bulan   Maret 2016 yang lalu Programm Sudi (Prodi) Teknik Sipil UII mendapatkan sertifikat  akreditasi Internasional Japan Acreditation Board for Engineering Education (JABEE) secara utuh untuk masa 6 tahun kedepan  sejak Maret 2016. Oleh karena itu Prodi Teknik Sipil UII pun siap berkompetensi baik kancah Nasional maupun Internasional. 

Kompetensi lulusan Teknik Sipil UII diharapkan mampu merancang, melaksanakan, dan mengawasi pelaksanaan bangunan ketekniksipilan dengan amanah, terampil, kompeten adaptif, inovatif dan berwawasan kebencanaan. Prodi Teknik Sipil UII yang telah memiliki berbagai macam alat laboratorium sebagai penunjang ber-internasionalisasi. 

Sedangkan wakil dari Prodi Teknik Lingkungan Yebi Yuriandala, M.Eng menyampaikan bidang keilmuan teknik lingkungan yang tersedia, misalnya penyehatan lingkungan permukiman baik air limbahnya, persampahan, dan drainase.  Penyediaan air bersih, pengendalian pencemaran air, tanah, udara, pengelolaan lingkungan industri (Limbahdan K3) dan pengelolaan lingkungan pertambangan (Limbahdan K3) pun merupakan bidang kelilmuan teknik lingkungan.

Beberapa beasiswa yang ditawarkan oleh Yebi juga menjadi perhatian para siswa, baik beasiswa akademik, beasiswa Kahar Mudzakir – Sardjito (AKMS), Mahasiswa Berprestasi, Beasiswa Penghargaan Minat Bakat & Penalaran Keilmuan, Beasiswa Penghargaan Publikasi Karya Tulis Mahasiswa, Beasiswa Mahasiswa Unggulan (BPKLN), dan masih banyak beasiswa yang menarik lainnya. Ungkap Yebi.

Kepala Sekolah MAN Teluk Kuantan, Riau Drs.Zulkifli, M.Pd dan rombongan yang terdiri dari 70 (tujuh puluh) siswa yang didampingi 10 (sepuluh) guru mengatakan, bahwa kedatangannya ke FTSP UII dalam rangka silaturrahmi, dan memberikan motivasi kepada anak didik guna mempersiapkan masuk ke Perguruan Tinggi, serta mencari wawasan dan informasi keberadaan akademis yang ada di FTSP UII.