,

Tiga Puluh Mahasiswa PPAr FTSP UII Ikuti Kuliah Perdana Angkatan V

http://fcep.uii.ac.id/images//foto_kampus_ftsp.jpg

Tiga puluh  mahasiswa baru Program Profesi Arsitektur (PPAr) Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) Universitas Islam Indonesia (UII) mengikuti kuliah perdana angkatan V yang digelar di Auditorium Mohammad Natsir, Gedung Kampus Terpadu FTSP UII Jl.Kaliurang Km.14,5 Slemann Yogyakarta, Sabtu  (22 Oktober).

Ketua PPAr (Ir. Ahmad Saifudin, MT., IAI)  menyampaikan, angkatan V tahun 2016 ini mahasiswa baru PPArs  berjumlah 30 (tiga puluh) orang. Dengan demikian jumlah mahasiswa yang harus mengikuti  kuliah Program Profesi Arsitektur sebanyak 43 orang yang terdiri dari tiga puluh mahasiswa baru, dan tiga belas mahasiswa lama yang saat ini sedang menjalankan kuliahnya.   Angka ini menunjukkan kepercayaan masyarakat kepada PPAr UII yang semakin meningkat setiap waktunya.

Demikian disampaikan Ketua PPAr UII dalam pembukaan kuliah perdana yang dihadiri pula Sekretaris PPAr (Jarwa Prasetya Sih Handoko, ST., M.Sc) serta puluhan mahasiswa PPAr UII untuk mengikuti kuliah umum yang disampaikan oleh Endy Subijono, IAI., AA. 

Dalam presentasinya Endy Subijono, IAI., AA.menyampaikan peran dan posisi PPAr dalam Profesi Arsitek guna menghadapi pasar bebas ASEAN.  Peran PPAr memenuhi prasyarat ASEAN MRA untuk menjadi ASEAN Arsitek sehingga akan memberikan peluang lebih besar bagi arsitek Indonesia dalam pasar bebas ASEAN, baik sebagai pelaku praktik lintas batas maupunn sebagai kolaborator lokal.

Menyetarakan program pendidikan arsitek di Indonesia dengan standar yang disepakati secara internasional 5 tahun dengan pola 4+1, yaitu 4 tahun pendidikan akademis + 1 tahun pendidikan profesi PPAr. Kesetaraan ini akan sangat berarti bagi praktik profesi arsitek Indonesia. Menyiapkan jalur profesi untuk menjadi praktisi arsitek dengan materi pendidikan yang fokus mendalami ranah keprofesian melengkapi 4 tahun pendidikan akademis. Ungkapnya.