UII dan SUN Energy Kerjasama Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS)

Guna mengambil peran aktif dalam mendukung agenda pembangunan berkelanjutan dengan menjaga dan melestarikan lingkungan, Universitas Islam Indonesia (UII) mendukung pemanfaatan energi terbarukan yakni energi surya atau Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). Wujud dari dukungan tersebut diantaranya adalah bangunan gedung UII di Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) dan Fakultas Teknologi Industri (FTI) UII telah terpasang panel surya untuk mensuplai kebutuhan listrik pada dua gedung tersebut atas kerjasama dengan SUN Energy yang nantinya akan mampu menghasilkan energi listrik sebesar 572.873 kWh setiap tahunnya.

Menandai kerjasama jangka panjang antara UII dan SUN Energy melalui operasionalisasi, pada 3 Rabiulawal 1445 H/18 September 2023 dilakukan peresmian PLTS di Gedung Moh. Natsir Kampus FTSP UII

Ketua Umum Pengurus Yayasan Badan Wakaf (PYBW) UII, Dr. Suparman Marzuki, S.H., M.Si. dalam sambutannya menyatakan dan berharap dapat ditularkan ke unit atau fakultas lain, dan menjadi program kampus sehat dan ramah lingkungan. Alhamdulillah, terima kasih atas kerja sama ini, kami berharap pemasangan PLTS ini dapat dikelola dengan sebaik-baiknya dan dapat bermanfaat secara optimal,” tuturnya.

Rektor UII, Prof. Fathul Wahid, S.T., M.Sc., Ph.D. dalam kesempatan yang sama mengatakan bahwa pembangunan PLTS tersebut berlangsung dalam kurun waktu kurang dari 2 bulan, yakni 5 Februari hingga 30 Maret 2023. Pemanfaatan energi terbarukan tersebut sejalan dengan implementasi nilai keberlanjutan UII lainnya, melalui pembangunan tata ruang kampus selaras dengan alam lewat konservasi air, kebijakan transportasi di kawasan kampus, budaya mengurangi kertas hingga pengelolaan fasilitas energi dan audit energi di kawasan kampus.

“UII menganggap sebagai perusahaan pengembang energi surya yang telah bermitra dengan 11 perguruan tinggi lainnya, SUN Energy mampu secara reliabel dan konsisten berkomitmen untuk mendukung perubahan positif dalam sektor energi di Indonesia,” ungkapnya.

Sementara itu, Dion Jefferson, Deputy CEO SUN Energy menyatakan, melalui kolaborasi yang dilakukan dengan UII, pihaknya berupaya untuk tetap menjadi perusahaan pengembang sistem energi surya di Indonesia yang menjangkau berbagai sektor di Indonesia, termasuk pendidikan. Selain itu, perusahaan tersebut juga terlibat aktif dalam kegiatan tanggung jawab perusahaan di bidang pendidikan dengan mengembangkan talenta muda menjadi teknisi energi surya siap kerja.

Menurutnya, kerjasama antara UII dan SUN Energy ini adalah langkah konkret dalam mendukung agenda pembangunan berkelanjutan dan mempercepat peralihan ke sumber energi terbarukan, baik dari sisi implementasi hingga pengembangan sumber daya manusia di bidang energi surya.

“Ini menjadi bukti nyata bahwa institusi pendidikan dan perusahaan swasta dapat bersatu dalam menciptakan masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan,” ujarnya.

Berkenan hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Rektor UII Bidang Sumber Daya dan Pengembangan Karir, Dr. Zaenal Arifin, M.Si., Wakil Rektor UII Bidang Kemitraan dan Kewirausahaan, Ir. Wiryono Raharjo, M.Arch., Ph.D., Ketua Pengembangan Pendidikan PYBW UII, Prof. Drs. Allwar, M.Sc., Ph.D., Ketua Pengembangan Usaha PYBW UII, Drs. Arief Bachtiar, MSA., Ak., Ketua Pemberdayaan Masyarakat PYBW UII, Drs. Aden Wijdan Syarief Zaidan, M.Si., Dekan FTSP UII, Dr.-Ing. Ir. Ilya Fadjar Maharika, MA., Ph.D., Dekan FTI UII, Prof. Dr. Ir. Hari Purnomo, MT., Wakil Dekan Bidang Sumber Daya FTSP UII, Dr. Ir. Kasam, MT.

Selain itu nampak hadir Wakil Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Energi Sumber Daya Mineral DIY, Kusno Wibowo, S.T., M.Si., Perwakilan dari PT. PLN (Persero) UP 3 Yogyakarta, tamu undangan dan awak media.