Aku Ingin Jadi Arsitek

Aku ingin jadi Arsitek, karena aku ingin bisa merancang bangunan Islami. Aku sudah pernah mengunjungi berbagai macam bangunan di kota kota besar, tetapi rancangan bangunan gedungnya belum Islami, jadi perlu di desain ulang supaya gedung gedung itu kelihatan Islami, kuat dan mantap dipandang.

Demikian celethuk salah seorang siswa SD BIAS Klas 6 Jl.Kaliurang yang berkata kepada Reporter ketika berkunjung ke Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) Universitas Islam Indonesia (UII), Senin (23 Oktober) bersama 90 (sembilan puluh) teman klas 5 dan klas 6 didampingi 10 (sepuluh) guru pembimbing.

Sebelum gathering di Auditorium, anak anak yang tergabung SD BIAS Jl.Kalurang dan SD Bias Umbulharjo  Yogyakarta mengadakan acara mengaji hafalan surah surah pendek, dan  10 ayat awal serta beberapa ayat di akhir surat Al Baqarah disamping belajar bahasa arab bertempat, di depan Perpustakaan Gedung Mohammad Nasir FTSP UII Jl.Kaliurang Km.14,5 Sleman Yogyakarta.

Sementara di Auditorium FTSP UII dalam uraiannya M.Galieh Gunagama, ST., M.Sc (Dosen Arsitektur UII) di tengah tengah anak anak SD BIAS mengatakan, Arsitektur itu adalah seni dan ilmu dalam merancang bangunan, yang mencakup merancang dan membangun keseluruhan lingkungan binaan. Sedangkan seorang ahli dibidang ilmu arsitektur yang mempunyai keahlian rancang bangun atau ahli lingkungan binaan itu disebut Arsitek. Jadi arsitek itu tidak hanya menggambar saja, tetapi lebih dari itu ya anak anak, ungkap M.Galieh.

Ia menambahkan bahwa Arsitektur yang baik haruslah kuat dan kokoh secara struktur, harus dapat bermanfaat atau berguna bagi sesama manusia, dan harus indah ketika dirasakan. Misalnya bangunan Mimar Sinan atau Sinan Sang Arsitek, yaitu seorang arsitek mulsim pada sekitar abad 15 dimasa kekaisaran ustsmani yang membangun 374 bangunan, diantaranya adalah masjid yang megah, karya terbesar beliau adalah Masjid Sehsade dan masjid yang ada di Istanbul  serta masjid yang ada di Turki.

Nah lantas apa pekerjaan Arsitek itu adik adik? Pekerjaan seorang Arsitek itu menata letak bangunan dalam  sebuah lahan, mengolah tata ruang dan menentukan konsep desain interior sebuah bangunan, serta mengolah bentuk luar dan tampak sebuah bangunan. Sekali lagi adik adik, jadi arsitek itu tidak hanya menggambar saja. Tutup M.Galieh.