DOSEN FTSP UII ISI BIMTEK KURIKULUM OBE UNIMAL

Lima dosen Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Islam Indonesia menjadi narasumber dalam acara Bimbingan Teknis dan Workshop Kurikulum Berbasis OBE secara daring di Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh Aceh (UNIMAL) pada hari Jum’at, 3 Sya’ban 1444 H/ 24 Februari 2023. “Bimbingan teknis (bimtek) ini diselenggarakan sebagai salah satu upaya Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh Aceh mempelajari kurikulum OBE sebagai salah satu persyaratan pengajuan akreditasi internasional,” ungkap Dr. Muhammad, S.T., M.Sc., Dekan Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh.

Kurikulum berbasis capaian pembelajaran (Outcomes Based Education/OBE) merupakan kurikulum yang tidak berhenti pada sesuatu yang telah diajarkan, tetapi lebih jauh, pada hal yang sebenarnya dikuasai oleh mahasiswa melalui proses pembelajaran. Lebih lanjut Miftahul Fauziah, S.T., M.T., Ph.D. menjelaskan tentang prinsip-prinsip sistem OBE hingga konsekuensi yang harus dipenuhi dengan adanya penerapan OBE. Ketua Jurusan Teknik Sipil ini juga menjelaskan secara rinci penyusunan profil lulusan, Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL), CP mata kuliah, serta evaluasi dan pengukuran profil lulusan, CPL, CPMK.

Selanjutnya, pemaparan OBE pada klaster arsitektur disampaikan oleh Ketua Jurusan Arsitektur, Prof. Noor Cholis Idham, S.T., M.Arch., Ph.D. Dalam kesempatan tersebut, Prof Noor menyampaikan proses dan tahapan yang diperlukan untuk pengajuan akreditasi internasional dan kurikulum yang diterapkan di Program Studi Arsitektur.

Sementara itu, penyampaian penerapan OBE pada Program Studi Teknik Lingkungan disampaikan oleh Dr. Eng. Awaluddin Nurmiyanto, S.T., M.Eng (Ketua Jurusan Teknik Lingkungan) dan Any Juliani, S.T., M.Sc.(Res.Eng.), Ph.D. (Ketua Program Studi Teknik Lingkungan Program Sarjana). Pada bimtek tersebut, kedua doktor Jurusan Teknik Lingkungan ini menyampaikan dampak baik penerapan sistem OBE di Teknik Lingkungan serta upaya-upaya yang dilakukan, antara lain akselerasi capaian, eksposure internasional, rekognisi nasional, evaluasi proses pembelajaran, penyiapan lulusan yang berkompeten, penyentakan alumni yang profesional, upaya perbaikan berkelanjutan, dan lain sebagainya.

Dalam bimtek dan workshop OBE ini, Dekan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan UII, Dr.-Ing. Ir. Ilya Fadjar Maharika, MA., IAI., yang juga merupakan salah satu narasumber memaparkan tentang konsep dan perspektif akreditasi internasional serta pemilihan lembaga akreditasi internasional. Taklupa dalam bimtek tersebut Ilya juga mempromosikan Proyek Erasmus+iHiLead, yaitu program pengembangan manajemen dan kepemimpinan perguruan tinggi yang didanai oleh Erasmus serta mengajak Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh Aceh untuk bergabung menjadi anggota Asosiasi PEMIMPIN untuk pembahasan topik internasionalisasi lebih intensif.