FTSP Gelar Talkshow “Artificial Intelligence for Education and Digital Construction”

Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan adalah kecerdasan yang ditambahkan kepada suatu sistem yang dapat diatur dalam konteks ilmiah. AI dapat membantu dalam analisis data, pengambilan keputusan, dan pengelolaan tugas yang kompleks.

Perkembangan teknologi dan informasi, AI sangat cepat dan tanpa disadari sudah mempengaruhi aspek dalam kehidupan manusia. Saat ini, penggunaan AI sudah menjadi kebutuhan serta membuat kemajuan besar dan memperluas aplikasi dalam berbagai bidang, seperti teknologi informasi, otomotif, perawatan kesehatan, konstruksi, hingga keuangan.

Artificial Intelligence dalam bidang konstruksi sangat mempengaruhi kemajuan keberlangsungan perencanaan dan pelaksanaan kegiatan. Perkembangan AI dalam bidang konstruksi mendorong banyak peneliti untuk terus mengeksplorasi kecerdasan buatan jauh ke dalam keilmuan teknik sipil. Proses perencanaan, administrasi, analisis risiko, perhitungan struktur, desain arsitektur, dapat menjadi bagian yang terhubung dengan penggunaan AI.

“Perkembangan AI yang semakin mutakhir saat ini mengubah cara manusia dalam menjalani kehidupan dan ini juga tercermin dalam bidang konstruksi,” paparnya.

Demikian pemaparan salah satu narasumber Elga Yulwardian, SST., MM., Mbuss IT., Founder & CEO Ivosights dalam sebuah talkshow dengan tema “Artificial Intelligence for Education and Digital Construction” yang diselenggarakan oleh Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) Universitas Islam Indonesia (UII) pada 5 Ramadan 1445 H/15 Maret 2024 di Auditorium Gedung Moh. Natsir Kampus FTSP UII dalam rangka penyambutan mahasiswa baru program pascasarjana di lingkungan FTSP UII.

Kegiatan yang dibuka oleh Dekan FTSP UII, Prof. Dr.-Ing. Ar. Ir. Ilya Fadjar Maharika, MA., IAI. tersebut juga menghadirkan pemateri Dhomas Hatta Fudholi, S.T., M.Eng., Ph.D., Dosen Jurusan Informatika, Fakultas Teknologi Industri (FTI) UII dan Dr. Raden Bagus Fajriya Hakim, S.Si., M.Si., Dosen Jurusan Statistika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UII.

Dhomas Hatta Fudholi, S.T., M.Eng., Ph.D., dalam materinya mengungkapkan bahwa aplikasi AI dalam perawatan jalan digunakan di road condition monitoring, manajemen aset jalan atau prediksi kerusakan, keselamatan lalu lintas dan konstruksi jalan. Menurutnya, pengumpulan data untuk pembuatan data base mempengaruhi output. Semakin banyak data yang masuk membuat data base semakin kaya sehingga akan membuat hasil yang didapat semakin akurat. “Aplikasi AI dalam manajemen aset jalan untuk memprediksi kerusakan jalan. Hal tersebut berhubungan dengan biaya perawatan sehingga nantinya dapat menekan biaya perawatan,” ungkapnya.

Sementara itu, Dr. Raden Bagus Fajriya Hakim, S.Si., M.Si., pada kesempatan ini membahas tentang AI and Statistics. Beliau menyatakan bahwa big data representasinya adalah volume, velocity, dan variety. Beliau mencontohkan salah satu platform belanja online di mana per hari sampai ratusan juta data yang masuk dan sistem tidak mengalami down. Menurutnya, saat ini data itu berupa angka, gambar, video, audio, dan teks. “Puncaknya data adalah teks,” ujarnya.

Acara yang didukung oleh Program Studi (Prodi) Doktor Teknik Sipil, Prodi Magister Teknik Sipil, Prodi Magister Arsitektur, Prodi Profesi Arsitek, dan Prodi Magister Teknik Lingkungan tersebut dilanjutkan pada hari kedua, seluruh peserta mengikuti acara lanjutan berupa Workshop Pengolahan Data Statistik untuk Menunjang Proses Penelitian.