FTSP UII Sambut Mahasiswa Baru Program Pascasarjana dengan Workshop Pengolahan Data Statistik

Guna memberikan bekal pengolahan data mahasiswa baru Program Pasca Sarjana Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan UII, diselenggarakan Workshop “Pengolahan Data Statistik untuk Menunjang Proses Penelitian” pada 5 Ramadan 1445 H/ 16 Maret 2024 M bertempat di Ruang IRC FTSP UII. Hadir sebagai narasumber dalam workshop ini, Dr. Atina Ahdika, S.Si., M.Si. Dosen Jurusan Statistika Fakultas matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas islam Indonesia.

Dalam paparannya Dr. Atina menyampaikan pentingnya ilmu statistika dalam pengolahan data terutama ketika melakukan proses penelitian baik untuk tesis atau disertasi.

Lebih lanjut Dr Atina menyampaikan bahwa “dalam ilmu Statistik perlu pengujian hipotesis yaitu suatu prosedur pengujian yang dilakukan dengan tujuan memutuskan apakah menolak atau tidak menolak hipotesis mengenai parameter populasi”.

“Pengujian Hipotesis dapat dilakukan dengan memenuhi beberapa prosedur, antara lain: Formulasikan H0 dan H1, tentukan taraf nyata (tingkat signifikansi), tentukan kriteria pengujian, hitung nilai statistik uji, dan pengambilan keputusan dari kesimpulan” tuturnya.

Workshop yang berlangsung dari pagi hingga siang hari ini dibagi menjadi dua sesi. Pada sesi awal disampaikan tentang pengenalan ilmu statistik dan peranannya kemudian dilanjutkan dengan praktik langsung penggunaan software statistik.

Praktik Pengolahan data yang berlangsung selama kurang lebih 2 jam ini, menarik minat dan perhatian seluruh mahasiswa yang hadir. Hal ini ditunjukkan dengan antusiasme seluruh peserta mencoba mengolah data-data sampel yang diberikan oleh narasumber beserta tim.

Acara workshop yang dihadiri oleh mahasiswa baru Program Studi Teknik Sipil Program Magister, mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Program Doktor, Mahasiswa Program Studi Profesi Arsitek, Mahasiswa Program Studi Arsitektur Program Magister, serta Mahasiswa Program Studi Teknik Lingkungan Program Magister ini diakhiri dengan pemberian cinderamata kepada narasumber workshop Dr. Atina Ahdika oleh Agus Setiawan, S.T., M.Arch., IAI. GP., selaku Ketua Panitia Penyambutan Mahasiswa Baru Program Pascasarjana FTSP UII.