,

FTSP UII Bersholawat

Dalam kehidupan hendaknya kita saling berbagi dan peduli dengan orang lain. Berbagi tidak dapat dilepaskan dari peduli. Berbagi dan peduli ibarat dua sisi mata uang yang tidak dapat dipisahkan. Beberapa ahli mengatakan bahwa peduli mengawali langkah dalam berbagi. Berbagi merupakan sikap yang terpuji. Orang yang senang berbagi berarti ia punya kepedulian terhadap orang lain.

Ketika kita punya harta, tenaga dan ilmu, sementara orang lain di sekeliling kita membutuhkan ketiga hal itu, maka sangatlah arif, bijaksana dan pantas bila ketiganya dibagikan kepada orang lain yang memerlukan, terlebih apabila orang lain itu berada dalam kesusahan. “Itulah cermin dan wujud kepedulian seorang manusia terhadap manusia yang lain,” tuturnya.

Demikian sambutan Dekan FTSP UII, Prof. Ar. Dr.-Ing. Ir. Ilya Fadjar Maharika, MA., IAI. saat membuka acara FTSP Bersholawat yang digelar pada Jum’at, 19 Rabiulakhir 1445 H/3 November 2023 di halaman parkIr Gedung Moh. Natsir Kampus FTSP UII.

Kegiatan yang didukung sepenuhnya oleh Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) Universitas Islam Indonesia (UII) tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan Milad ke 59 tahun FTSP UII dengan menghadirkan Habib Husein bin Muhammad bin Ahmad Bafaqih, KH. Mujiharno, S.Ag., dan Gus Ahmad Nabil Mubarok, S.Sos.

Habib Husein bin Muhammad bin Ahmad Bafaqih dalam kesempatan tersebut bersholawat bersama para jamaah dengan diiringi musik rebana Mahayijul Aswaq, dari Losari, Salam, Magelang. Setelah bershalawat bersama-sama, Habib Husein memberikan pesan kepada para jamaah tentang fadhilah atau manfaat dari gemar bersholawat. Beberapa fadhilah atau manfaat dari bersholawat diantaranya adalah agar mendapat syafa’at atau pertolongan Nabi Muhammad SAW di hari akhir nanti, dihapuskan dosa-dosa kecil, dipermudah bertemu jodoh, dikabulkan hajat atau keinginan, dan diindahkan akhlaknya.

“Jangan hanya berhenti pada anjuran untuk memperbanyak shalawat secara lisan saja, namun alangkah lebih baik lagi jika kita juga menebarkan semangat kedamaian antar manusia, semangat membangun moral, semangat saling tolong-menolong, semangat kerja keras, dan segala hal dalam tataran sosial yang sekiranya bisa membahagiakan hati Baginda Nabi Muhammad SAW.,” tuturnya.

Berkenan hadir dalam acara yang dihadiri oleh sekitar 1500 jamaah tersebut Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Keagamaan dan Alumni, Dr. Drs. Rohidin, S.H., M.Ag., dan Wakil Dekan Bidang Sumberdaya FTSP UII, Dr. Ir. Kasam, MT.

Dalam kesempatan tersebut dibagikan doorprize untuk jamaah yang beruntung berupa 3 ekor kambing dan 20 bingkisan menarik dari panitia. Jamaah nampak antusias mengikuti acara tersebut dari awal hingga akhir.