FTSP UII Hadapi Audit Realisasi RKAT Januari-Desember 2015

{mosimage}Audit adalah proses sistematis yang dilakukan oleh orang yang  kompeten dan independen dengan mengumpulkan dan mengevaluasi bahan bukti dan bertujuan memberikan pendapat.  Hari ini Rabu  (2 Maret) di Ruang Sidang Dekanat Gedung Muhammad Natsir FTSP UII dilakukan Pembukaan sekaligus pelaksanaan Audit Realisasi Rencana Kerja Anggaran Tahunan (RKAT) Januari sampai Desember 2015 oleh tim auditor Yayasan Badan Wakaf UII.

Hadir Dekan FTSP  UII (Dr.-Ing.Ir.Widodo, M.Sc),  Wakil Dekan FTSP UII (Setya Winarno, Ph.D), Segenap Ketua dan Sekretaris Program Studi dilingkungan FTSP UII, Ketua PSMF FTSP UII (Dr.Ir.Sri Amini Yuni Astuti, MT), Kepala Bidang PPKF FTSP (Dr.Kasam, MT dan Abdul Robby Maghyaza, ST., M.Sc), Kepala-kepala Divisi  serta bebera staff kependidikan untuk mendampinginya. Dalam sambutannya Dekan FTSP UII mengapresiasi kehadiran auditor dan berharap semoga pelaksanaan Audit hari ini berjalan dengan lancar. Audit  sebagai proses pembelajaran dan perlu diperbaiki serta dievaluasi program selanjutnya bilamana terjadi  temuan didalamnya,  bukanlah semata-mata untuk mencari kesalahan, tetapi justru guna meningkatkan kinerja kita. 

Lead Auditor Audit Drs.Syamsul Hadi, MS, Ak, CA mengatakan bahwa Audit Yayasan Badan Wakaf ini merupakan audit rutinitas tahunan untuk melihat program kerja sebagai perbaikan dan bukan mencari cari kesalahan. Yayasan audit ini lebih detail dari pada tahun sebelumnya untuk Program Studi atau program dibawahnya walaupun 100 %. Impronisasi audit diatas adalah Program Studi, yaitu setara Dekan dan Pasca Sarjana.

 

Hubungannya dengan realisasi yang pernah ditemui adalah adanya “kiak kiuk” anggaran, karena dengan pengertian penggunaannya dan sumbernya, tapi jangan dibebankan ke akun laboratorium. Sedangkan uang muka dimohon dikelola secara ketat, tidak digunakan untuk pembelian barang/ aset. Jadi tenaga kependidikan beli barang atau aset cukup dengan membawa pulang barang, sedangkan administrasi keuangan menjadi uruasan keuangan, sehingga menjadi sentralisasi.  Auditor terdiri dari Drs.Syamsul Hadi, MS.,Ak.CA; Karimatul Ummah, SH.,M.Hum;  Wahyudi BP, ST., MT; Fitriati Akmalia, SE.,M.Com;  Fitriani Akmila, SE., M.Com; Edy Widodo, M.Si; dan Ir. Hastuti Saptorini, MA.