FTSP UII: Integrated Socio Engineered toward “Green River City” Banjarmasin

FTSP UII: Integrated Socio Engineered toward “Green River City” Banjarmasin

 

Sebagai salah satu bentuk realisasi MoU antara Universitas Islam Indonesia (UII) dengan Pemerintah Kota Banjarmasin, Dekan FTSP UII (Dr._Ing.Ir.Widodo, M.Sc) bersama tim melakukan kunjungan ke Banjarmasin pada hari Kamis dan Jumat (6-7 Juli 2017). Tim yang dipimpin langsung oleh Dekan FTSP Dr. _Ing. Ir.Widodo  ini terdiri dari Dr. Kasam, Eko Siswoyo, PhD. dan Prof. Thomas Boving dari Rhode Island University USA diterima langsung oleh Walikota Banjarmasin bersama jajarannya.

Agenda kegiatan diawali dengan pemaparan mengenai berbagai isu strategis di Banjarmasin oleh pihak Pemkot dan dilanjutkan dengan masukan berupa alternatif solusi terkait isu-isu lingkungan kota Banjarmasin oleh Prof. Thomas Boving dalam bentuk diskusi yang sangat cair.

Dalam paparannya, Walikota Banjarmasin (Ibnu Sina, MSi.) menyampaikan bahwa Kota Banjarmasin yang memiliki sebutan Kota Seribu Sungai ini sedang melakukan restorasi sungai yang diharapkan akan mampu mengatasi permasalahan kota. “Berbeda dengan permasalahan sungai di Jawa, bahwa sungai di Banjarmasin ini memiliki tiga permasalahan pokok yaitu pencemaran oleh limbah domestik, pencemaran akibat kegiatan pertanian umum dan pasang surut yang berlangsung setiap hari”.

Demikian yang disampaikan oleh Ir. Muryanta, MT dari Pemkot Banjarmasin yang sudah berkiprah sangat lama terkait permasalahan sungai di Banjarmasin.

Agenda hari pertama kunjungan ke Banjarmasin ini diakhiri dengan kegiatan susur sungai dan wilayah-wilayah yang yang diharapkan akan dijadikan pilot project ke depan untuk melihat kondisi langsung di lapangan. Ungkap Eko Siswoyo,Ph.D.