FTSP UII Terima Kunjungan Studi Banding Universitas Proklamasi 45

FTSP UII Terima Kunjungan Studi Banding Universitas Proklamasi 45

Selasa(22 Agustus) Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) Universitas Islam Indondonesia (UII)  menerima kunjungan studi banding dari Universitas Proklamasi 45 (UP45) Yogyakarta, dalam penyelenggaraan Program Asuh Menuju Program Studi Unggul Tahun 2017 di Program Studi (Prodi) Teknik Lingkungan. Studi banding ini bermaksud untuk meningkatkan mutu perguruan tinggi, Direktorat Penjaminan Mutu, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Dirpenjamu)

Studi banding diterima oleh Wakil Dekan FTSP UII  (Setya Winarno, Ph.D), Ketua Program Studi (Prodi) Teknik Lingkungan (Hudori, ST., MT), Sekretaris Prodi Teknik Lingkungan (Any Juliani, ST., M.Sc (Res.Eng), serta Koordinator PSMF FTSP UII (Dr.Ir.Sri Amini Yuni Astuti, MT) dan Dr.Joni Aldilla Fajri, ST., MT) bertempat di Ruang Sidang Prodi Teknik Lingkungan Gedung Mohammad Natzsir Jl.Kaliurang Km.14,5 Sleman Yogyakarta.

Rombongan yang terdiri dari Wakil Dekan Fakultas Teknik UP45 (Maria Ratih Puspita Liestiono, S.Si.,M.Sc), Ketua Prodi Teknik Lingkungan UP45 (M.Noviansyah A, M.Sc), serta Heni Dwi Kurniasari, ST., M.Eng, dan Aisyah Indah Irmaya, ST., MT.

Dalam sambutannya Wakil Dekan FTSP UII  (Setya Winarno, Ph.D) menuturkan, bahwa kunjungan studi banding ini merupakan persahabatan diantara kedua perguruan tinggi FTSP UII dengan Fakultas Teknik Universitas Proklamasi 45 (UP45) Yogyakarta, sehingga diharapkan silaturrahmi ini untuk saling berkontribusi.

FTSP UII terdiri dari 3 (tiga) Prodi S1, Teknik Sipil, Arsitektur dan Teknik Lingkungan. Ketiganya sudah mendapatkan pengakuan akreditasi internasional, Prodi  Teknik Sipil sudah terakreditasi internasional dari Japan Accreditation Board for Engineering Education (JABEE). Prodi Arsitektur juga sudah terakreditasi internasional dari Korean Architecture Accrediting Board (KAAB), dan Teknik Lingkungan sudah terakreditasi dari Accreditation Board of Engineering and Technology (ABET) USA.

Tentunya studi banding program studi dari UP45 Yogyakarta ini akan dapat menggali pelajaran dan pengalaman dari Prodi Teknik Lingkungan FTSP UII khususnya dalam upaya peningkatan dan pemeliharaan status akreditasi Perguruan Tinggi. Ungkapnya.

Sementara Ketua Prodi Teknik Lingkungan UII  (Hudori, ST., MT) dalam penerimaan studi banding menegaskan, bahwa Prodi Teknik Lingkungan FTSP UII  berdiri pada tahun 1999 yang dalam Perkembangannya diawali pada tahun 2011 mendapatkan akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional (BAN) Perguruan Tinggi (PT), sedangkan pada tahun 2010 mendapatkan akreditasi laboratorium dari Komite Akreditasi Nasional (KAN), dan 14 Agustus 2017 mendapatkan pengakuan akreditasi internasional  dari Accreditation Board of Engineering and Technology (ABET) USA.

Pendapatan pengakuan akreditasi internasional dari ABET ini dalam proses persiapannya  diawali sejak tahun 2013, dengan mengawal pertama kali merubah kurikulum lama menjadi kurikulum yang baru guna menunjang akreditasinya.

Selanjutnya Hudori mengulas banyak tentang profil keprodian, tenaga pengajar, visi misi, kurikulum serta sistem pembelajaran yang diterapkan di Prodi Teknik Lingkungan. Di ujung studi banding rombongan juga mengunjungi laboratorium Kualitas Air, Kualitas Udara, Bioteknologi Lingkungan, Sampah dan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3), serta laboratorium  Analisis Resiko Lingkungan.