Khataman FTSP UII 2024

“Allahummarhamna bil qur’an”, ya Allah rahmatillah kami dengan Qur’an. FTSP UII melalui LDF Al-Mustanir mengadakan “Khataman Qur’an” pada hari kamis, 28 Maret 2024 yang bertepatan dengan 17 Ramadan 1445 H. Khataman FTSP merupakan kegiatan tahunan bagi mahasiswa untuk menyelesaikan pembacaan 30 juz Al-Qur’an pada hari ke 17 Ramadan, yang juga diperingati sebagai hari Nuzulul Qur’an. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, di mana Khataman FTSP biasanya dilakukan secara daring, di mana setiap mahasiswa menyelesaikan pilihan juznya sendiri dalam 16 hari pertama Ramadan, dan diakhiri dengan doa khotmil Qur’an yang diselenggarakan melalui siaran langsung di platform seperti YouTube atau Instagram milik FTSP.

Tahun ini, Alhamdulillah, Khataman FTSP tahun 2024 dapat diselenggarakan secara tatap muka (offline) di kampus, dengan kerjasama bersama LDF Al-Mustanir FTSP UII. Kegiatan khataman melibatkan partisipasi 30 mahasiswa, masing-masing menyelesaikan pembacaan juz Al-Qur’an yang telah dipilihnya secara bersama-sama di tempat. Selain itu, rangkaian acara juga mencakup sambutan-sambutan yang dimulai oleh perwakilan dari LDF Al-Mustanir FTSP UII, dilanjutkan dengan sambutan Wakil Dekan bidang Keagamaan, Kemahasiswaan dan Alumni FTSP UII Fitri Nugraheni, S.T., M.T., Ph.D,. Acara kemudian diakhiri dengan kegiatan buka puasa bersama yang diadakan di Ruang IRC, FTSP UII.

Harapan dari kolaborasi ini adalah agar dapat menjadi sebuah amal, motivasi, dan sumber semangat bagi mahasiswa dalam proses pembelajaran dan ibadah di bulan Ramadan. Semoga kegiatan ini tidak hanya menjadi sebuah ritual, tetapi juga menjadi sarana untuk meningkatkan kedekatan antar-mahasiswa serta memperkuat ikatan keagamaan dan keilmuan di lingkungan kampus.