Mahasiswa FTSP UII Lolos IISMA 2024

Alhamdulillah, dua mahasiswa Program Sarjana Internasional Arsitektur FTSP UII berhasil lolos dalam seleksi  Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2024. Zahra Zakiyah (21512194) dan Andini Zofia Putri Wahyono (21512066) berhasil mendapatkan beasiswa program IISMA 2024 setelah melewati berbagai proses penjaringan. Tahapan seleksi dimulai sejak Januari 2024 yang meliputi seleksi administrasi, seleksi wawasan kebangsaan, seleksi wawancara, dan seleksi final.

Zahra Zakiyah akan menjalani program beasiswa ini di National University of Singapore, Singapura. Sedangkan Andini Zofia Putri Wahyono di Humboldt-Universität zu Berlin, Jerman. Program beasiswa ini direncanakan akan dilaksanakan selama satu semester.

Program IISMA adalah hasil kerja sama antara Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) serta Kementerian Keuangan. Dibuka pada 2021, sebanyak 2.551 mahasiswa telah mendaftar untuk bergabung dalam program IISMA. Memasuki 2022, program ini meningkat tiga kali lipat dengan jumlah 7.522 mahasiswa mendaftar untuk jalur sarjana dan 3.506 mahasiswa bergabung dalam jalur vokasi.
Di tahun 2023, antusiasme tetap tinggi dengan 7.714 mahasiswa mendaftar untuk jalur sarjana dan 1.456 mahasiswa bergabung dalam jalur vokasi. Rekor terbaru kemudian dipecahkan pada tahun 2024 ini, di mana jumlah pendaftar mengalami peningkatan fantastis yaitu sejumlah 15.211 yang terdiri dari 12.268 mahasiswa pendaftar untuk jalur sarjana dan 2.943 mahasiswa pendaftar untuk jalur vokasi.

Program ini memberi kesempatan bagi mahasiswa untuk menggali ilmu pengetahuan dan teknologi terkini di perguruan tinggi dan industri terkemuka. IISMA bukan hanya menjadi penyedia pengetahuan, melainkan juga pendorong utama dalam perkembangan keterampilan dan pemahaman yang diperlukan dalam era global saat ini.

Banyaknya manfaat yang bisa diterima oleh pendaftar IISMA membuat banyak mahasiswa sangat tertarik untuk mengikuti program tersebut. Bahkan tahun ini pendaftaran IISMA merupakan yang tertinggi dari tahun sebelumnya.