Pakaian Kebaya Warnai Peringatan Hari Ibu di FTSP UII

Pemandangan unik muncul di FTSP UII pada Kamis (22/12/2022), sejumlah dosen dan tenaga kependidikan perempuan FTSP UII turut merayakan momen hari ibu dengan mengenakan pakaian kebaya. Para dosen dan tenaga kependidikan perempuan FTSP UII tampil menawan dengan setelan kebaya yang dipakainya. Momentum tersebut tak disia-siakan para srikandi FTSP UII untuk berfoto bersama.

Pada momen tersebut, Ir. Fitri Nugraheni, S.T., M.T., Ph.D., Wakil Dekan Bidang Keagaaman, Kemahasiswaan, dan Alumni FTSP mengatakan bahwa kaum perempuan pada masa kini harus menjadi srikandi tangguh, mengedepankan kelembutan, tetapi harus tetap tangguh dan tegar dalam menghadapi berbagai rintangan dan cobaan.

Ibu memiliki kedudukan yang istimewa dalam islam, sebagaimana hadits Rasulullah SAW sebagai berikut:

Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda: “Seseorang datang kepada Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam dan berkata, ‘Wahai Rasulullah, kepada siapakah aku harus berbakti pertama kali?’ Nabi shalallaahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Ibumu!’ Dan orang tersebut kembali bertanya, ‘Kemudian siapa lagi?’ Nabi shalallaahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Ibumu!’ Orang tersebut bertanya kembali, ‘Kemudian siapa lagi?’ Beliau menjawab, ‘Ibumu.’ Orang tersebut bertanya kembali, ‘Kemudian siapa lagi,’ Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Kemudian ayahmu.” (HR Al Bukhari dan Muslim).

Di Indonesia, momentum Hari Ibu dirayakan setiap tanggal 22 Desember, meskipun sejatinya setiap hari adalah merupakan sarana untuk pembuktian kasih sayang bagi seorang yang harus kita muliakan, yaitu ibu.