,

Peduli Sesama, FTSP UII Adakan Donor Darah

Guna mewujudkan kepedulian terhadap sesama, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP), Universitas Islam Indonesia (UII) menggelar kegiatan Donor Darah pada Rabu, 28 Rabiulawal 1446 H/2 Oktober 2024 di Ruang IRC Gedung Moh. Natsir Kampus FTSP UII. Kegiatan yang diikuti oleh peserta internal dan masyarakat umum dengan jumlah sekitar 40 peserta tersebut merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Milad ke 60 FTSP UII. Acara tersebut didukung oleh Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sleman.

Secara resmi kegiatan tersebut dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Keagamaan dan Alumni FTSP UII, Ir. Fitri Nugraheni, S.T., M.T., Ph.D., IPM. Dalam sambutannya beliau mengungkapkan bahwa donor darah mempunyai dua motivasi, untuk berbagi kepada sesama yang membutuhkan darah dan untuk kesehatan kita sendiri. “Donor darah merupakan proses sirkulasi yang paling mudah, praktis, dan murah. Selain itu juga bermanfaat untuk kesehatan diri pendonor serta membantu orang lain yang sedang membutuhkan,” ungkapnya.

Donor Darah FTSP UII

Baca Juga : Go Fest, Ajang Gelar Seni FTSP UII

Kegiatan donor darah dimulai dari pendaftaran peserta, screening, tensi, dan bagi peserta yang memenuhi syarat untuk menjadi pendonor langsung melaksanakan pengambilan darah.

Apa manfaat Donor Darah?

Salah satu tim PMI dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa donor darah merupakan suatu kegiatan yang positif. Dari sudut medis menyumbang darah baik bagi kesehatan. Selain itu, donor darah akan membantu menurunkan risiko terkena serangan jantung dan masalah jantung lainnya. Penelitian menunjukkan, mendonorkan darah akan mengurangi kelebihan zat besi dalam tubuh, meskipun masih perlu penelitian lanjutan untuk memastikan hal tersebut, kelebihan zat besi diduga berperan menimbulkan kelainan pada jantung. Kelebihan itu akan membuat kolesterol jahat membentuk plak lemak yang akan menyumbat pembuluh darah.

Donor Darah FTSP UII

“Volume darah akan kembali normal 24 jam setelah melakukan donor darah. Sel-sel darah merah akan dibentuk kembali dalam waktu 4-8 minggu. Jadi, pendonor tidak perlu khawatir akan kekurangan darah. Menyumbang darah sama sekali tidak akan mengurangi kekuatan tubuh,” ujarnya.

Peserta yang berhasil lolos screening dan mendonorkan darahnya mendapat bingkisan dan merchandise menarik dari penyelenggara.