Pemanfaatan Teknologi Informasi Untuk Menebar Kebaikan

Bismillâh walhamdulillâh washalâtu was salâmu ‘alâ rasûlillâh,

Pembaca yang dirahmati Allah SWT.

Teknologi informasi adalah teknologi elektronika yang mampu mendukung percepatan dan meningkatkan kualitas informasi, serta percepatan arus informasi ini tidak mungkin lagi dibatasi oleh ruang dan waktu. (J.B. Wahyudi. 1990)

Perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat seiring dengan kemajuan Ilmu Pengetahuan dalam bidang informasi mampu memunculkan sebuah media baru diantaranya adalah munculnya internet.

Perkembangan internet yang begitu pesat, melahirkan berbagai jenis media sosial. Hal ini juga didukung oleh kemudahan dan perkembangan teknologi perangkat telekomunikasi elektronik yang menyediakan fasilitas bagi pengguna media sosial ini. Sehingga media sosial ini menjadi sangat populer karena memberikan kemudahan-kemudahan dalam melakukan komunikasi. Media sosial yang saat ini menjadi populer digunakan diantaranya Facebook, Twitter, Instagram, WhatsApp, Telegram, Line, TikTok, dan You Tube.

Saat ini kita hidup di era digital. Pada era digital banyak kemudahan yang dapat kita rasakan, contohnya kemudahan mengakses ilmu pengetahuan dan teknologi serta berkomunikasi tanpa ada batasan waktu dan wilayah melalui aplikasi digital, kemudahan berbelanja dan membeli makanan, kemudahan bepergian, bertransaksi, dan lain sebagainya. 

Berbagai kemudahan-kemudahan dari kemajuan teknologi informasi tersebut merupakan anugrah dari Allah SWT berupa kenikmatan teknologi yang telah kita rasakan saat ini. Firman Allah dalam Alquran Surat Ar-Rahman Ayat 33, yaitu:

يٰمَعْشَرَ الْجِنِّ وَالْاِنْسِ اِنِ اسْتَطَعْتُمْ اَنْ تَنْفُذُوْا مِنْ اَقْطَارِ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِ فَانْفُذُوْاۗ لَا تَنْفُذُوْنَ اِلَّا بِسُلْطٰنٍۚ

Wahai segenap jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, tembuslah. Kamu tidak akan mampu menembusnya, kecuali dengan kekuatan (dari Allah). 

Teknologi Informasi Untuk Menyebarkan Konten-Konten Positif

Sebagai wujud syukur atas kenikmatan teknologi informasi yang kita rasakan saat ini, teknologi informasi mari kita manfaatkan untuk menyebarkan konten-konten positif. Konten positif adalah konten yang berisi berita atau fakta – fakta yang sifatnya informatif edukatif yang dapat memperkaya dan menambah ilmu serta manfaat bagi para pembacanya. Konten positif di media sosial seperti konten inspiratif, konten edukatif, konten informatif, dan konten menghibur. Pembuatan konten bisa dalam format teks (artikel, buku, cerpen, dan infografis), dalam format gambar (foto, foto cerita, dan desain grafis), konten dengan format audio (musik atau podcast), konten dengan format video (vlog, video tutorial, animasi) dan sebagainya. Konten kreatif dan positif diproduksi sebanyaknya dan dishare agar dapat mempercepat proses edukasi dan pengetahuan serta kecakapan pengguna dalam memanfaatkan media digital. 

Allah SWT berfirman dalam Al Quran

مَنْ جَاۤءَ بِالْحَسَنَةِ فَلَهٗ خَيْرٌ مِّنْهَاۚ وَمَنْ جَاۤءَ بِالسَّيِّئَةِ فَلَا يُجْزَى الَّذِيْنَ عَمِلُوا السَّيِّاٰتِ اِلَّا مَا كَانُوْا يَعْمَلُوْنَ

Siapa yang datang dengan (membawa) kebaikan, baginya (pahala) yang lebih baik daripada kebaikannya itu. Siapa yang datang dengan (membawa) kejahatan, maka orang-orang yang telah mengerjakan kejahatan itu hanya diberi balasan (seimbang) dengan apa yang selalu mereka kerjakan. (Q.S. Al-Qasas [28]: 84)

Islam merupakan agama yang sangat mengajarkan nilai-nilai positif, cinta persaudaraan dan kedamaian, penuh kelembutan dan anti kekerasan, menebarkan kasih sayang dan sebagai rahmat bagi seluruh alam semesta (Rahmatan lil alamin). Firman Allah SWT :

وَمَآ اَرْسَلْنٰكَ اِلَّا رَحْمَةً لِّلْعٰلَمِيْنَ

Kami tidak mengutus engkau (Nabi Muhammad), kecuali sebagai rahmat bagi seluruh alam. (Q.S. Al-Anbiya’ [21]: 107)

Teknologi Informasi sebagai Media untuk Kebaikan Sosial

Di era milenial ini pemanfaatan teknologi informasi terbuka untuk mengembangkan semua kemampuan dan bersosialisasi dengan semua orang di berbagai belahan bumi. Melalui media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, Telegram dan lainnya, seseorang dapat saling bertukar pikiran, berbagai kebaikan sosial bisa dilakukan melalui internet. Melalui media sosial yang informasi dapat disebar dengan begitu cepat tanpa terbatas ruang dan waktu, ketika ada orang yang membutuhkan pertolongan, maka seorang lainnya akan membantunya, walau tanpa harus bertatap muka. 

Sebagai umat muslim kita harus tolong menolong dengan sesama manusia dalam hal kebaikan sebagaimana Firman Allah SWT:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا تُحِلُّوْا شَعَاۤىِٕرَ اللّٰهِ وَلَا الشَّهْرَ الْحَرَامَ وَلَا الْهَدْيَ وَلَا الْقَلَاۤىِٕدَ وَلَآ اٰۤمِّيْنَ الْبَيْتَ الْحَرَامَ يَبْتَغُوْنَ فَضْلًا مِّنْ رَّبِّهِمْ وَرِضْوَانًا ۗوَاِذَا حَلَلْتُمْ فَاصْطَادُوْا ۗوَلَا يَجْرِمَنَّكُمْ شَنَاٰنُ قَوْمٍ اَنْ صَدُّوْكُمْ عَنِ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اَنْ تَعْتَدُوْاۘ وَتَعَاوَنُوْا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوٰىۖ وَلَا تَعَاوَنُوْا عَلَى الْاِثْمِ وَالْعُدْوَانِ ۖوَاتَّقُوا اللّٰهَ ۗاِنَّ اللّٰهَ شَدِيْدُ الْعِقَابِ

Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu melanggar syi’ar-syi’ar Allah, dan jangan melanggar kehormatan bulan-bulan haram, jangan (mengganggu) binatang-binatang had-ya, dan binatang-binatang qalaa-id, dan jangan (pula) mengganggu orang-orang yang mengunjungi Baitullah sedang mereka mencari kurnia dan keridhaan dari Tuhannya dan apabila kamu telah menyelesaikan ibadah haji, maka bolehlah berburu. Dan janganlah sekali-kali kebencian(mu) kepada sesuatu kaum karena mereka menghalang-halangi kamu dari Masjidilharam, mendorongmu berbuat aniaya (kepada mereka). Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya. (Q.S. Al-Ma’idah [5]: 2)

Kebaikan yang dilakukan dengan niat ibadah, penuh keikhlasan tanpa mengharap balasan materi, niscaya kebaikan itu akan memantulkan hasil. Semakin banyak berbagi kebaikan sosial dalam rangka pemanfaatan Teknologi Informasi, akan semakin banyak amal kebaikan dan mendatangkan keberkahan dan kemanfaatan.

Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

خَيْرُ الناسِ أَنْفَعُهُمْ لِلناسِ

Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia” (HR. Ahmad, ath-Thabrani, ad-Daruqutni. Hadits ini dihasankan oleh al-Albani di dalam Shahihul Jami’ no:3289).

Teknologi Informasi untuk Media Dakwah Efektif dan Kreatif

Perkembangan dan Kemajuan Teknologi Informasi yang sangat pesat dapat membantu dalam Dakwah Islamiyah. Pemanfaatan Teknologi Informasi untuk Dakwah sangat efektif dan cepat, kapan saja tidak lagi bergantung pada waktu dan tempat, dengan cakupan yang sangat luas. Dakwah melalui media online hanya dengan satu postingan sudah dapat menjangkau dan menginspirasi banyak orang. Sistem penyampaian dakwah bisa dalam bentuk tulisan, gambar, lisan, audio, sampai dalam bentuk video dengan metode yang baik dan benar. Adapun platform media yang dapat digunakan untuk berdakwah antara lain youtube, instagram, twitter, blogspot, website, dan lainnya. Melalui dakwah efektif dan kreatif dengan membawa nilai-nilai positif, rasa aman, tentram, dan sejuk sehingga dapat berfungsi sebagai rahmat untuk semuanya.

Allah SWT berfirman dalam Al Quran :

اُدْعُ اِلٰى سَبِيْلِ رَبِّكَ بِالْحِكْمَةِ وَالْمَوْعِظَةِ الْحَسَنَةِ وَجَادِلْهُمْ بِالَّتِيْ هِيَ اَحْسَنُۗ اِنَّ رَبَّكَ هُوَ اَعْلَمُ بِمَنْ ضَلَّ عَنْ سَبِيْلِهٖ وَهُوَ اَعْلَمُ بِالْمُهْتَدِيْنَ

Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk (Q.S. An – Nahl [16]: 125)

Kesimpulan

Kecanggihan teknologi informasi dapat kita gunakan untuk hal positif, dalam memperoleh ilmu dan untuk menyampaikan ilmu kepada manusia. Menebar kebaikan melalui pemanfaatan Teknologi Informasi dapat diwujudkan dengan memaksimalkan manfaat dari teknologi informasi dalam hal kebaikan yang penyampaiannya selalu menggunakan etika komunikasi yang baik. Ilmu dan kebaikan yang tersampaikan misalnya dengan menyebarkan sepotong video ceramah seorang ulama atau Syaikh, membuat tulisan positif di media sosial website atau blog, membuat konten edukatif, kreatif, dan positif sehingga seluruh manusia bisa melihat, memanfaatkan, bahkan mengamalkannya, maka jika hal itu dapat menginspirasi dan orang lain akan mengerjakan kebaikan maka hal itu sangat mulia dan kita akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakan kebaikan tersebut. Dalam hal menyebar video atau artikel apapun harus selalu melandasi dengan sikap tabayyun (meneliti dan menyeleksi kebenarannya) sebelum kita membagikan kepada orang lain. 

Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ أَيُّوبَ وَقُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ وَابْنُ حُجْرٍ قَالُوا حَدَّثَنَا إِسْمَعِيلُ يَعْنُونَ ابْنَ جَعْفَرٍ عَنْ الْعَلَاءِ عَنْ أَبِيهِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ دَعَا إِلَى هُدًى كَانَ لَهُ مِنْ الْأَجْرِ مِثْلُ أُجُورِ مَنْ تَبِعَهُ لَا يَنْقُصُ ذَلِكَ مِنْ أُجُورِهِمْ شَيْئًا وَمَنْ دَعَا إِلَى ضَلَالَةٍ كَانَ عَلَيْهِ مِنْ الْإِثْمِ مِثْلُ آثَامِ مَنْ تَبِعَهُ لَا يَنْقُصُ ذَلِكَ مِنْ آثَامِهِمْ شَيْئًا

“Barang siapa mengajak kepada kebaikan, maka ia akan mendapat pahala sebanyak pahala yang diperoleh orang-orang yang mengikutinya tanpa mengurangi pahala mereka sedikitpun. Sebaliknya, barang siapa mengajak kepada kesesatan, maka ia akan mendapat dosa sebanyak yang diperoleh orang-orang yang mengikutinya tanpa mengurangi dosa mereka sedikitpun.” (Hadits Muslim no: 4831)

Semoga Allah SWT selalu memberikan taufiq dan hidayah-Nya kepada kita sehingga kita senantiasa dimudahkan dilancarkan dalam menebar kebaikan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki dengan sentuhan Teknologi Informasi sehingga semakin memperluas kebermanfaatan sehingga mendatangkan banyak keberkahan. Aamiin.

Daftar Pustaka

J.B. Wahyudi.1992. Teknologi Informasi dan Produksi Citra Bergerak, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, J.B. Wahyudi, Teknologi Informasi

https://muslim.or.id/27176-keutamaan-menunjukkan-kebaikan-kepada-orang-lain.html

https://muslimah.or.id/6435-pribadi-yang-bermanfaat.html

https://suwardilubis.bloqspot.com/
Pandangan Al-Quran Terhadap Perkembangan Teknologi Komunikasi dan Informasi Oleh: Suwardi Lubis

https://www.kompasiana.com/
Manfaat Teknologi Informasi dalam Berdakwah di Era Globalisasi oleh: Rizki Laelatul Maghfiroh

https://www.kompasiana.com/
Kolaborasi Kebajikan di Ruang Digital, Langkah Menebar Kebaikan Tanpa Batas dan Aral Oleh : Agil S Habib

https://www.industry.co.id/
Cara Membuat Konten Menarik dan Memiliki Nilai Positif

Oleh : Chodijah Febriyani

Tentang Penulis

Nama    : Ratna Kumala Dewi
Unit       : Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan
Jabatan : Kadiv. Teknologi Informasi