Prodi Arsitektur Selenggarakan Architectural Blue Ribbon Awards IX-2023

Program Studi (Prodi) Arsitektur Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) Universitas Islam Indonesia (UII) kembali menyelenggarakan Architectural Blue Ribbon Awards (ABRA) IX – 2023 pada 1 Februari 2023 di Auditorium Gedung Moh. Natsir FTSP UII.

ABRA merupakan sebuah acara yang dilaksanakan setiap tahun oleh Prodi Sarjana Arsitektur dan dikemas sebagai ajang penghargaan guna memberikan apresiasi kepada para mahasiswa di setiap tingkatannya. Sehingga, para mahasiswa akan memiliki semangat dan motivasi lebih dalam merancang sebuah karya desain arsitektur.

Dengan diselenggarakannya ABRA diharapkan juga mampu meningkatkan dan memotivasi segenap sivitas akademika dari dosen, asisten dosen, hingga mahasiswa untuk dapat menciptakan suatu desain atau karya yang berkualitas dan bermanfaat. Hal tersebut juga sebagai bukti bahwa sebagai mahasiswa arsitektur dapat tetap produktif dan aktif serta kreatif di masa pandemi.

Acara tahunan tersebut merupakan sebuah acara untuk memberikan penghargaan kepada karya mahasiswa terbaik di setiap studionya dengan konsep, dan bentuk produk desain yang inspiratif dan informatif. Karya yang ditampilkan di ajang ini merupakan karya-karya mahasiswa terbaik di setiap studionya dengan mempresentasikan karya desain yang detail dan juga penampilan produk desain mahasiswa yang sangat inspiratif.

Ketua Prodi Sarjana Arsitektur FTSP UII, Ir. Hanif Budiman, MT, Ph.D., dalam laporan singkatnya mengungkapkan bahwa penilaian ABRA IX terdiri dari beberapa proses tahapan. Pertama, setiap studio akan mengumpulkan 1 karya terbaik yang dirancang oleh mahasiswa dari seluruh kelas paralel. Kedua, karya terbaik setiap studio diwajibkan untuk mengirimkan video presentasi karya desain yang akan dinilai oleh para juri. “Dalam video presentasi, mahasiswa yang berasal dari kelas reguler akan mempresentasikan desainnya menggunakan bahasa Indonesia, dan mahasiswa yang berasal dari kelas International Program akan mempresentasikan desainnya dalam bahasa Inggris,” ujarnya.

Menurutnya, mata kuliah yang dikompetisikan di acara ABRA IX tersebut antara lain Design Studio 1 untuk mahasiswa semester 1, Design Studio 3 untuk mahasiswa semester 3, Architectural Design Studio 1 untuk mahasiswa semester 5, Architectural Design Studio 3 untuk mahasiswa semester 7, dan yang terakhir adalah Final Design Studio untuk mahasiswa studio akhir.

Pada ABRA IX kali ini terdapat dua juri yakni Ar. Deddy Wahjudi, ST., M.Eng., Ph.D., IAI. dan Ar. Osrithalita Gabriela, S.T., M.SC., IAI. Pemaparan dari masing-masing kandidat tersebut akan dinilai dari beberapa aspek penilaian dan disesuaikan dengan ketercapaian kriteria kinerja mahasiswa (Student Performance Criteria-SPC) pada setiap kelas studio.

Adapun pemenang untuk Studio Desain 1, pemenang pertama adalah Luthfi Daffa Zulfikar dengan karyanya “Sarungai”, pemenang kedua Maheswari Rahajeng Anindyta dengan karyanya “Soul Destination”, dan pemenang ketiga Ibnu Al Ghifari dengan karya nya “Coral Way”. Untuk Studio Desain 3 pemenang pertama adalah Nofal Safli dengan judul karyanya “Sahamparan”, kedua Fatimah Azzahra dengan judul “Haldyonal”, dan ketiga adalah Arinta Azka Hirarki dengan tema karyanya “Jurai Batik Pekalongan”.

Studio Desain Arsitektur 1 pemenangnya adalah, pertama , Andi Sailfuhaq dengan karyanya “Pesona Kekriyaan”, kedua adalah Ilham Goval Al Farizsy dengan judul “Cirle O” dan ketiga, Fatikhul Ikhsan dengan tema “Asrama Putri Pondk Pesantren Modern Al-A’Raf”.

Sedangkan untuk Studio Desain Arsitektur 3, pemenang pertama adalah  Dwiwangga SNH dengan karyanya “Dwarapala Ritz”, pemenang kedua, Aulia Alfaatihah dengan tema “Pancen” dan pemenang ketiga, Mutiara Sally dengan judul “North Point City Hotel & Annex”.

Sementara itu untuk Studio Akhir Desain Arsitektur pemenangnya adalah Resti Nurwinda dengan karyanya yang berjudul “Revitalisasi Pangkalan Pendaratan Ikan Cikidang Pangandaran Jawa Barat”.