Rakorja FTSP UII Menghasilkan Rencana Pembukaan Klas Internasional Berbahasa Inggris

 Rakorja  FTSP UII Menghasilkan Rencana Pembukaan Klas Internasional  Berbahasa Inggris

Menurut pantauan reporter hasil pleno Rapat Kerja Fakultas, Fakultas Teknik Sipil dan Perencnan (FTSP) Universitas Islam Indonesia (UII) yang dipimpin oleh Ketua Sidang Dr.Ir.Ruzardi, MS atas dasar hasil rapat komisi 1 (satu) yang dipimpin oleh Ir.Ahmad Saifudin Mutaqi, MT., IAI dan hasil rapat komisi 2 (dua) yang dipimpin oleh Luqman Hakim, ST., M.Si pada Selasa (16 Agustus) bertempat di Hotel Alana Mataram City Yogyakarta membuahkan hasil yang menggembirakan.

 
Ir.Ahmad Saifudin Mutaqi, MT., IAI selaku Pimpinan Sidang Komisi 1 (satu) menyampaikan bahwa Tujuan Strategis (TS) tentang akademik, keisilaman, penelitian/ pengabdian masyarakat, kerjasama dan akreditasi.menetapkan 3 (tiga) Tujuan Strategis. TS1 Keunggulan keislaman, sepakat  bahwa implementasi kurikulum  ulil albab, 4 hal yg ingin dituju adalah menjadikan pribadi islami yang rahmatan lil’alamin disiplin dalam melaksanakan sholat berjama’ah; dalam ademik memiliki % jumlah doctor serta professor dan mempunyai jabatan akademik; visioner; dan amanah; kepemimpinan yang profetik; ketrampilan transformative; memilki pengetahuan integratif yang terintegrasinya pada tingkat program studi, mata kuliah dan kegiatan mahasiswa.

Ahmad Saifudin menambahkan TS2 Keunggulan Pembelajaran berbasis riset, pengembangan riset pada semua tingkatan sesuai dengan bidang ilmu dan pengembangan komprehensif pusat studi, lembaga sertifikasi profesi. Menguatkan lahirnya lulusan unggul yang menguasahi ilmu dan IT dalam berperan di masyarakat untuk membangun peradaban dan keadaban.

TS7 Keunggulan akreditasi dan Profill institusi, Program Studi terakreditasi internasional dari JABEE/KAAB/ABET. Arah pengembangan kedepan  menjadi tanggung jawab publik, secara internasional menjadi bentuk pertanyaan publik. Membuka kelas internasional berformat bahasa inggris dengan mahasiswa asing, dan  diperlukan kerjasama U. to U./ P. to P, dual degree /double degree/fast track. Ungkapnya.

Sementara Luqman Hakim, ST., M.Si selaku Pimpinan Sidang Komisi 2 (dua) melaporkan tentang SDM, infrastruktur, kemahasiswaan dan alumni yang membawahi TS3 (Keunggulan Etos Kerja Islami), TS4 (Keunggulan Sistem dan Infrastruktur), TS5 (Keunggulan Mahasiswa Berkarakter), dan TS6 (Keunggulan Alumni Adaptif).

Platform kebutuhan restrukturisasi organisasi perlu adanya kajian kembali; Perlu adanya kolaborasi pengajaran, dan perlu adanya profesi Insisyur. Karakter lulusan FTSP UII memiliki keislaman yang kuat, adaptive leadership, berdaya saing global, dan memiliki jiwa kewirausahaan. Pengembangan sistem informasi dalam hal ini fakultas  perlu mengembangkan pelayanan, administrasi, data base, sedangkan akademik bervairiasi  (dapat diserahkan pada program studi).

Pengabdian masyarakat  lintas prodi harus diperhatikan.Tanggap terhadap peristiwa kebencanaan–desa mitra–disaster risk reduction center dibawah naungan fakultas. Revitalisasi  jurnal  dibentuk di tim kkhusus, yang dikelola masing masing  dan otoritas diberikan dalam proses produksi, dengan dibentuk pusat pengelola dari fakultas. Tutup Luqman.

Hasil Rapat Kerja Fakultas yang diketok palu oleh  Dr.Ir.Ruzardi, MS selaku Pimpinan Sidang Pleno diserahkan sepenuhnya oleh Dekan FTSP UII (Dr.-Ing.Ir.Widodo, M.Sc) untuk menerima hasil Rapat Kerja Fakultas, dan  menutup secara resmi acara Rapat Kerja.  

 Rakorja  FTSP UII Menghasilkan Rencana Pembukaan Klas Internasional  Berbahasa Inggris