Selamat Datang Mahasiswa Baru

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh!

Semoga Allah senantiasa memberikan kita kekuatan untuk berbuat lebih baik. Rubrik baru ini dirancang sebagai ihktiar membangun budaya komunikasi produktif antar warga Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Islam Indonesia. Pada laman perdana ini kami, pengurus Fakultas, ingin menyapa para mahasiswa baru maupun lama, para dosen dan tendik, serta orang tua/wali mahasiswa baru yang dimuliakan Allah.

Kepada pada mahasiswa baru selamat datang di Kampus Muhammad Natsir! Bagi mahasiswa lama, selamat datang kembali setelah Covid-19 sempat memisahkan kita! Semoga kedatangan kalian membawa suasana positif bagi proses belajar mengajar pada tahun akademik 2022/2023 ini.

Sedikit mengungkap mengapa gedung kita diberi nama M. Natsir. Bagi kita M. Natsir adalah inspirator. Selain ketokohannya di bidang politik, beliau adalah seorang ilmuwan sekaligus komunikator yang hebat. Beliau menyandang tiga gelar doktor honoris causa, produktif menulis puluhan buku dan ratusan karya tulis lain, serta menguasai berbagai bahasa seperti Inggris, Belanda, Perancis, Jerman, dan Arab. Kini, kemampuan semacam itu tentu saja akan sangat mendukung bagi pengembangan karier dan oleh karenanya, pelajarilah bahasa asing, paling tidak satu bahasa agar kalian mudah mengembangkan diri menjadi warga dunia. Dari Natsir kita juga dapat meneladani integritas, etika yang tinggi, kejujuran dan tanggung jawab beliau yang merupakan bekal hidup yang sangat mendasar. Kepada kalian, teladani beliau, agar Anda juga dapat menemukan jalan berkontribusi kepada dunia.

Khusus bagi mahasiswa baru jelajahi kampus baru Anda dan berusahalah beradaptasi dengan kehidupan belajar yang juga baru ini. Yakinlah bahwa program studi di mana kalian saat ini belajar, berada di garda paling depan pendidikan di Indonesia! Seandainya kalian masih ada yang ragu atau merasa belum puas dengan pilihan Anda, insya Allah sebenarnya Anda telah berada di jalur yang sangat baik. Syukuri dan kemudian bangun diri dengan keyakinan untuk berprestasi. Insya Allah kami akan mendampingi Anda meraih sukses.

Kepada para mahasiswa lama, bangun suasana positif agar adik-adik kalian mendapatkan suasana yang kondusif dalam masa transisi ini. Ajari mereka dengan etos kerja mahasiswa yang baik dan berorientasi pada determinasi diri untuk menentukan masa depan yang terbaik bagi kalian.

Kepada seluruh mahasiswa, jaga shalat, sopan santun, dan tetaplah jadi orang baik.

Kepada para orang tua/wali, kami mengucapkan terima kasih dan hormat atas kepercayaan yang telah diberikan kepada kami untuk mendidik putra-putri tercinta. Kami insya Allah akan berbuat yang terbaik, walau kami sadar bahwa masih banyak pula ruang perbaikan yang dapat terus kami ikhtiarkan. Kami juga berharap agar para orang tua/wali dapat menjadi mitra terbaik kami, berusaha bersama menjadi anak tangga pengembangan diri putra-putri harapan bangsa tersebut.

Kepada para dosen dan tenaga kependidikan, kami menghimbau dengan sangat. Sambut para mahasiswa baru, dan juga yang lama, dengan senyum lebar dan sapa ikhlas. Dedikasikan waktu dan waktu kita dengan sungguh-sungguh karena kami yakin, hal ini adalah bagian dari ibadah.

Mari kita awali tahun akademik 2022/2023 ini dengan suka cita dan semangat baru untuk meraih cita!

Salam jabat erat, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh!

Ilya F Maharika, Dekan
Kasam, Wakil Dekan Sumber Daya
Fitri Nugraheni, Wakil Dekan Kemahasiswaan, Keagamaan, dan Alumni