Teknik Sipil UII Terakreditasi Internasional JABEE

Pagi ini Jum’at (11 Maret) Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP)  Universitas Islam Indonesia (UII) mendapatkan sertifikat terakreditasi Internasional Japan Acreditation Board for Engineering Education (JABEE).  Sertifikat internasional JABEE untuk Program Studi Teknik Sipil  UII ini diserahterimakan oleh Exekutive Managing Direktur of JABEE (Dr.Yasuyuki Aoshima) kepada Rektor UII (Dr.Ir.Harsoyo, M.Sc) bertempat di Auditorium Kaharmudzakkir Jl.Kaliurang Km.14,5 Sleman Yogyakarta, yang disaksikan oleh Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Prof.Intan Ahmad, Ph.D), Kopertis Wilayah V Yogyakarta, Ketua Pengurus Yayasan Badan Wakaf UII (Dr.Ir. Luthfi Hasan, MS). Hadir pula  Dekan FTSP UII (Dr._Ing.Ir.Widodo, M.Sc), segenap Dekan dilingkungan UII serta berbagai tamu undangan instansi pemerintah maupun swasta.

Dalam sambutannya Prof.Intan Ahmad, Ph.D mengatakan bahwa Perguruan Tinggi di Indonesia ini belum banyak Program Studi yang memperoleh pengakuan internasional. Namun demikian UII berupaya meningkatkan mutu dan menghasilkan lulusan yang berkwalitas.Capaian UII ini merupakan komitmen yang luarbiasa, karena membutuhkan kerja yang keras, dan tentunya bukan hal yang mudah. Dengan capaian akreditasi internasional JABEE ini Program Studi Teknik Sipil UII dapat dipercaya baik secara Nasional maupun Internasional. Lulusannya yang dihasilkan akan diakui kompetensinya dan juga kwalitas dari pendidikannya, serta lulusannya akan memiliki keuntungan mobilitas.

Sementara Rektor UII (Dr.Ir.Harsoyo, M.Sc) menyampaikan bahwa beberapa Program Studi yang lain di UII  juga akan segera mengikuti langkah yang sama,  Programm Studi  Arsitektur saat ini  dalam proses pengajuan akreditasi internasional  KAAB (Korean Architecture Acreditation Board) Korea, dan Program Studi Teknik Lingkungan  mengajukan akreditasi internasionalnya tahun ini ke ABET (Acreditation Board for Engineering and Technology) Amerika Serikat (AS).

Sedangkan Ketua Program Studi  Teknik Sipil UII (Miftahul Fauziah, ST., MT., Ph.D) mengatakan bahwa pada tanggal 7 hingga  12 Desember 2015 telah  terlaksana dengan sukses  JABEE on site evaluation, dengan hasil yang   terbaik, yaitu Prodi Teknik Sipil UII terakreditasi secara penuh untuk masa 6 tahun sejak Maret 2016 sampai 2022. Sedangkan persiapan guna memperoleh akreditasi internasional ini Program Studi Teknik Sipil berupaya kompetensi selama sejak 3 (tiga) tahun yang lalu, baik    pengembangan Prodi menuju akreditasi internasional maupun internal UII. Tuturnya