Tim FTSP UII Berhasil Juara 3 Kompetensi Konstruksi Ramping (K2R) Se-Indonesia di Bandung

 Tim FTSP UII Berhasil Juara 3 Kompetensi Konstruksi Ramping (K2R) Se-Indonesia di Bandung

Konstruksi Ramping atau Lean Construction adalah sebuah pendekatan yang diperkenalkan oleh Lauri J. Koskela, dari Valtion Teknillinen Tutkimuskeskus (VTT) Building and Transport di Finlandia, pada tahun 1992, dalam upayanya mencoba memperbaiki kinerja industri konstruksi dengan mengacu kepada kinerja yang dapat dicapai oleh industri manufaktur dengan pendekatan Lean Production-nya. Secara konseptual, kemudian Koskela mengembangkan filosofi dari Konstruksi Ramping ini dan dikembangkan lebih lanjut oleh masyarakat peneliti dan praktisi konstruksi yang tergabung dalam International Group for Lean Construction (IGLC) pada tahun 2013.

Koskela dan kawan-kawan menitikberatkan, awalnya, pada proses produksi di lapangan, dengan adanya: antara lain, the Last Planner System (LPS), dan sampai saat ini sudah merambah kepada penyelenggaraan konstruksi secara holistik dengan Integrated Project Delivery-nya (IPD). Tujuan dari pendekatan Konstruksi Ramping ini adalah memaksimalkan nilai (value) yang ingin dicapai oleh pengguna akhir, namun dengan proses yang menghasilkan pemborosan (waste) minimal.

 Atas dasar itu maka  Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) Universitas Islam Indonesia (UII)  membentuk tim (“Ashabul Kahfi”) sebagai delegasi guna mengikuti Kompetensi Konstruksi Ramping  Pertama (K2R 1.0) dengan metode Last Planning bertempat di Institut Teknologi Bandung (ITB) pada 1-2 Oktober 2016 yang diselenggarakan oleh PU PR kerjasama dengan pascasarjana Teknik Sipil ITB. Tim  “Ashabul Kahfi” FTSP UII  terdiri dari 7 (tujuh) orang mahasiswa kolaborasi dari Magister (S2) dan S1 yaitu Anggit Mas Arifudin, ST (15914046) Magister Teknik Sipil dengan anggota Deka Shara Pratiwi, ST (15914047), Barra Budi Ananta (14511113), Edwin Budi Setiawan (15511286), Rafi Fadhil Nugroho (15511269), Maya Lestari (12512061), dan Fadel Wirawan G (14512218), dengan dosen pembimbing Rayendra, ST., MT dan Vendie Abma, ST., MT.

Demikian dikatakan Anggit Mas Arifudin selaku ketua tim kepada Reporter. Kompetisi yang diikuti kontingen dari berbagai Perguruan Tinggi Se Indonesia, Tim “Ashabul Kahfi” FTSP UII mampu merebut Juara 3 (tiga), sementara Juara 1 diperoleh pihak tuan rumah ITB Bandung dan Juara 2 diperoleh UNHAS Makasar. Tim “Ashabul Kahfi” FTSP UII berhak mendapatkan piagam penghargaan, tropy, dan uang pembinaan sebesar Rp 3.000.000,- (tiga juta rupiah).

Maksud kompetisi ini untuk meningkatkan pemahaman masyarakat konstruksi di Indonesia mengenai konstruksi ramping, dengan tujuan menyebarluaskan konstruksi ramping di kalangan mahasiswa, baik mahasiswa program sarjana maupun pascasarjana di Indonesia, dan memberikan tempat bagi mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan dalam bekerjasama dalam sebuah tim serta wahana berkumpulnya akademisi peminat konstruksi ramping di Indonesia. Ungkap Anggit.