,

Arsitektur FTSP UII Gelar Kuliah Umum Pakar Pengendalian Adaptasi Bangunan

Prodi Arsitektur Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) Universitas Islam Indonesia (UII) Selasa (20 Maret) bertempat di Auditorium Gedung Muhammad Natsir FTSP UII Jl.Kaliurang Km.14,5 Sleman, Yogyakarta menggelar Kuliah Umum Pakar yang bersifat  wajib bagi mahasiswa Studio Perancangan Arsitektur (STUPA) 4 (empat) Arsitektur.

Sebagai narasumber Ir.Tony Kunto Wibisono, M.Sc (Dosen Arsitektur UII) mengungkapkan, seiring dengan berjalannya waktu manusia selalu melakukan penyesuaian diri terhadap lingkungannya terutama lingkungan tempat mereka bermukim. Kebiasaan yang telah menjadi budaya atau adat istiadat telah terbentuk sedemikian rupa guna menjalankan kehidupannya berhubungan dengan lingkungan perumahan yang terjadi.

Ia menambahkan bahwa, masyarakat Indonesia telah terbiasa dengan perumahan yang menapak di tanah atau yang sering kita sebut dengan landed house. Segala macam budaya, kebiasaan, maupun adat istiadat yang berkaitan dengan tipologi perumahan landed house ini telah mengakar dalam kehidupan masyarakat Indonesia sehari-hari.

Sehingga menurut Tony diperlukan  adaptasi, yang  merupakan upaya atau intervensi untuk  mengelola dan mengendalikan perubahan dalam konteks atribut fisik dan fungsional dari bangunan yang sudah ada. Karena realita bahwa bangunan sudah tidak layak digunakan atau dimanfaatkan dengan fungsi awal  ( melewati usia ekonomis bangunan).