,

FTSP Sedekah 100 Tangki Air Bersih Di Gunungkidul

Kekeringan yang tengah melanda warga di beberapa desa di wilayah Gunungkidul mengakibatkan semakin langka dan bahkan tidak ada lagi sumber mata air yang bisa dimanfaatkan oleh warga desa. Mata air yang sudah mulai mengering menjadikan beberapa warga desa semakin sulit mendapatkan air bersih untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Hal inilah yang mendorong dan memicu kepedulian civitas Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) Universitas Islam Indonesia (UII) untuk ikut membantu mereka dengan mendistribusikan air bersih sebanyak 100 truk tangki air bersih di wilayah Kalurahan Sumberwungu, Kapanewon Tepus, Kabupaten Gunungkidul, pada Jum’at, 27 Oktober 2023.

Pendistribusian air bersih dipimpin langsung oleh Dekan FTSP UII, Prof. Ar. Dr. -Ing. Ir. Ilya Fadjar Maharika, M.A., IAI, didampingi Wakil Dekan Bidang Sumber Daya FTSP UII, Dr. Ir. Kasam, M.T., pimpinan jurusan serta panitia.

Dekan FTSP UII, Prof. Ar. Dr. -Ing. Ir. Ilya Fadjar Maharika, M.A., IAI., mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut merupakan bentuk kepedulian kepada sesama dan juga menanamkan karakter peduli serta berbagi. Beliau menyatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu agenda dalam rangka Milad ke-59 tahun FTSP UII, yang pada kesempatan kali ini mengangkat tema “Tautkan Hati, Niatkan Berbagi”.

“Kegiatan sedekah air bersih ini bisa terlaksana atas dukungan seluruh civitas FTSP UII, mitra, dan relasi serta sponshorship,” terang Ilya.

Beliau juga menambahkan bahwa selain kegiatan sosial sedekah air bersih, dalam rangkaian milad FTSP UII ke-59 tahun juga diselenggarakan kegiatan-kegiatan ilmiah, FTSP Bersholawat, kompetisi olah raga, penghargaan dosen dan tendik berprestasi, dan di puncak milad dengan menggelar family gathering pada 11 November 2023.

“Konsep puncak milad kali ini dengan memberdayakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di sekitar kampus. Selain itu ada potluck, yaitu berbagi masakan dan makanan antarkeluarga besar FTSP UII,” imbuhnya.

Penyerahan secara simbolis dilakukan di balai Kalurahan Sumberwungu Tepus Gunungkidul diterima oleh Lurah Sumberwungu Ispramoyo dengan didampingi perwakilan dari Kapanewon Tepus.

Dalam sambutannya Ispramoyo menyampaikan terima kasih dan bersyukur atas kepedulian dan bantuan yang diberikan FTSP UII. Ia juga menyampaikan bahwa nantinya, bantuan tersebut akan didistribusikan ke wilayah-wilayah yang membutuhkan. “Kami berharap kegiatan ini dapat berlanjut pada tahun-tahun mendatang,” ujarnya.

Sementara itu, salah satu warga Karanggebang, Sugeng mengungkapkan bahwa bantuan air bersih tersebut sangat ditunggu-tunggu dan diharapkan untuk kebutuhan sehari-hari. Menurutnya, dengan adanya bantuan tersebut dapat meringankan warga masyarakat dalam mendapatkan air bersih.