FTSP UII Terima Kunjungan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) UNISS Kendal

http://fcep.uii.ac.id/images/2017/3.jpg

Fakultas Teknik Sipil (FTSP) Universitas Islam Indonesia (UII) terdiri dari 3 (tiga) Program Studi (Prodi) S1, Teknik Sipil, Arsitektur dan Teknik Lingkungan. Ketiganya sudah mendapatkan pengakuan akreditasi internasional, seperti Prodi  Teknik Sipil sudah terakreditasi internasional dari Japan Accreditation Board for Engineering Education (JABEE). Prodi Arsitektur juga sudah terakreditasi internasional dari Korean Architecture Accrediting Board (KAAB), dan Teknik Lingkungan menginduk Accreditation Board of Engineering and Technology (ABET) USA.

Program Profesi Arsitektur di FTSP UII telah mendapatkan akreditasi internasional yang menjadi satu kesatuan Prodi Arsitektur, FTSP UII juga memiliki Program Pasca Sarjana (S2) Magister Teknik Sipil (MT) dan Magister Arsitektur (MARs), serta Program S3 (Doktor) Teknik Sipil yang baru saja mendapatkan Surat Keputusan Pendirian Program Doktor S3.

Demikian disampaikan Dekan FTSP UII (Dr.Ing.Ir.Widodo, M.Sc) dalam sambutan penerimaan 40 (empat puluh) mahasiswa didampingi beberapa dosen Universitas Selamat Sri (UNISS) Kendal Jawa Tengah Rabu (10 Mei) yang lalu dalam kunjungan Kuliah Kerja Lapanga (KKL) bertempat di ruang Sidang Dekanat Gedung Mohammad Natsir FTSP UII Jl.Kaliurang Km.14,5 Sleman Yogyakarta.

Miftahul Fauziah, ST., MT., Ph.D selaku Ketua Program Studi (Kaprodi) Teknik Sipil dalam paparannya mengatakan, Alhamdulillahi  Prodi Teknik Sipil UII sudah mendapatkan sertifikat  akreditasi Internasional dari Japan Acreditation Board for Engineering Education (JABEE) sejak awal Maret 2016 yang lalu. Kompetensi lulusan di Teknik Sipil UII diharapkan mampu merancang, melaksanakan, dan mengawasi pelaksanaan bangunan ketekniksipilan dengan amanah, terampil, kompeten adaptif, inovatif dan berwawasan kebencanaan, yang ditunjang  berbagai macam alat laboratorium.  

 

Sedangkan yang menonjol atau keunggulan Program Studi Teknik Sipil UII adalah di bidang kebencanaan, baik itu Program Studi S1 (Sarjana) maupun S2 (Pasca Sarjana) hal ini mendapatkan kepercayaan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Program Studi Teknik Sipil UII mempunyai 3 (tiga) Profesor di bidang kebencanaan. Bersama para Profesor ini Program Studi Teknik Sipil UII ikut menurunkan mewarnai resiko resiko bencana dengan pemberian perkuliahan di kelas sesuai kurikulum dengan mengadop outcome.

 

Program studi Teknik Sipil UII mempunyai 8 (delapan) laboratorium yang sangat lengkap dan unggul seperti  laboratorium komputasi, laboratorium pemetaan dan GIS, laboratorium struktur dan mekanika rekayasa, laboratorium jalan raya, laboratorium rekayasa transportasi, laboratorium hidrolika, laboratorium mekanika tanah, dan laboratorium bahan konstruksi teknik.  Ungkap Miftah.

 

Sementara Ketua Program Magister Arsitektur (Ir.Suparwoko, MURP., Ph.D) berbagi ilmu dalam menciptakan suasana akademik belajar mengajar,  kurikulum yang ditawarkan, dan Sumber Daya Manuasis (SDM) di Magister Arsitektur UII.

Guna mengetahui secara langsung, rombongan UNISS mengunjungi  laboratorium yang ada baik laboratorium Teknik Sipil maupun arsitektur yang dipandu oleh tenaga dosen maupun tenaga kependidikan.