Gelar Workshop Bangunan Hijau: FTSP dan International Finance Corporation Perkuat Kerjasama

Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP), Universitas Islam Indonesia (UII) bekerjasama dengan International Finance Corporation (IFC) menggelar Workshop Bangunan Hijau: Program Design for Greater Efficiency (DfGE) di Ruang IRC Gedung Moh. Natsir Kampus FTSP UII pada Senin, 21 Jumadilawal 1445 H/4 Desember 2023. Workshop ini merupakan rangkaian kegiatan yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada civitas akademika FTSP UII tentang bagaimana mendesain dengan konsep bangunan hijau DfGE (Design for Greater Efficiency) serta mengembangkan desain bangunan yang efisien dan hemat energi.

Hadir sebagai pembicara dalam workshop ini Ir. Jatmika Adi Suryabrata, M. Sc., Ph.D., selaku Senior Advisor IFC dan dipandu oleh moderator A. Robbi Maghzaya, S.T., M.Sc., dosen dari Jurusan Arsitektur FTSP UII. Dari FTSP UII juga terdapat dua panelis yang membersamai kegiatan workshop ini yaitu Ir. Ahmad Saifudin, M.T., IAI, A.A. dan Prof. Dr. Ir. Sugini, M.T., IAI, GP. Dalam paparannya Ir. Jatmika menyampaikan pentingnya bangunan hijau bagi keberlanjutan dan upaya penyelamatan lingkungan, latar belakang IFC membuat modul pembelajaran bangunan hijau, perkembangan DfGE di Indonesia, serta beberapa hal akan diajarkan dalam program DfGE.

Dalam acara ini dilakukan pula penguatan kerjasama dengan penandatanganan perjanjian kerjasama antara FTSP UII yang diwakili oleh Dekan FTSP Prof. Dr.-Ing. Ar. Ir. Ilya Fadjar Maharika, IAI. dan IFC yang diwakili oleh Euan Marshall selaku Country Manager Indonesia and Timor-Leste. Melalui kerjasama ini, IFC memberikan lisensi dan pelatihan tentang aplikasi EDGE (platform online standard bangunan hijau) yang akan menjadi materi kuliah. Tujuan Program DfGE ini untuk, menjalin kerjasama dengan universitas untuk pemberian modul pembelajaran tentang bangunan hijau yang fokus pada perancangan bangunan yang efisien dari segi penggunaan sumber daya dan dapat menurunkan emisi carbon dari sektor bangunan Gedung, melihat secara langsung dampak dari perancangan dengan menggunakan aplikasi EDGE kepada mahasiswa. Adapun rangkaian program dalam DfGE melingkupi sosialisasi program, penandatanganan perjanjian dengan universitas, pemberian ToT kepada dosen unvierstias, pengajaran modul bahan ajar ke mahasiswa oleh pihak universitas dan pemberian sertifikat dari IFC kepada mahasiswa yang lulus.

Workshop yang berlangsung dari siang hingga petang hari ini, dihadiri oleh civitas akademika FTSP UII dan perwakilan dari IFC yang dihadiri oleh Regional Lead Program Green Building East Asia Pasific Farida Lasida Adji dan perwakilan dari IFC lainnya Erlyana Anggita Sari. Turut hadir beberapa awak media yang meliput kegiatan ini di antaranya:

  1. https://beritabernas.com/ftsp-uii-perkuat-kerja-sama-dengan-ifc-dalam-mendesain-konsep-bangunan-hijau-yang-efisien/
  2. https://portaljogja.pikiran-rakyat.com/pendidikan/pr-257434127/ftsp-uii-gelar-workshop-bangunan-hijau-untuk-keberlanjutan-dan-penyelamatan-lingkungan
  3. https://kedu.suaramerdeka.com/pendidikan/2111087304/kerjasama-desain-bangunan-hijau-ftsp-uii-gandeng-ifc