Mancakrida, Media Kolaborasi Dosen dan Tendik FTSP UII

Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) Universitas Islam Indonesia (UII) melaksanakan kegiatan peningkatan kompetensi dosen dan tendik melalui mancakrida atau sering disebut outbound training. Kegiatan yang dilaksanakan pada Sabtu, 25 Jumadilawal 1445 H/9 Desember 2023 di Kemuning Karanganyar Jawa Tengah tersebut diikuti oleh sekitar 120 peserta.

Secara resmi acara dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Sumberdaya FTSP UII, Dr. Ir. Kasam, MT. Dalam sambutan dan arahannya beliau menyampaikan bahwa acara tersebut merupakan salah satu program FTSP UII yang bertujuan meningkatkan sumber daya manusia secara terpadu untuk dapat mengembangkan dan membentuk sikap dan mental kerja yang berkualitas serta mampu membangun kerja sama tim yang kuat dan solid sehingga pekerjaan yang diberikan dapat selesai dengan cepat, tepat, dan terarah.

Menurutnya, latar belakang pemilihan kegiatan tersebut yaitu untuk mencapai maksimalnya kinerja antar dosen dan tendik. “Seperti yang kita ketahui bersama, dalam melakukan aktivitas keseharian, banyak hal yang sangat diperlukan semisal komunikasi, team building, komitmen, kepercayaan tim agar FTSP UII dapat memecahkan masalah sehingga mampu mengambil keputusan dengan tepat,” terang Kasam.

Salah seorang peserta, Androna Okta Wijaya menyebutkan bahwa kegiatan ini memiliki arti yang penting untuk meningkatkan kulaitas kerja bagi tendik dan dosen di FTSP UII. “Banyak hal baru yang kita dapatkan dari kegiatan ini, sehingga semangat dan motivasi bekerja menjadi meningkat,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan pelepasan purna tugas dosen, Ir. Akhmad Marzuko, MT. dan Ir. Helmy Akbar Bale, serta purna tugas tendik, Suwarno dan Trisno Lelono.

Di penghujung kegiatan, Dr. Ir. Revianto Budi Santoso, M.Arch. berkenan menyampaikan motivasi dan penyemangat kepada peserta untuk selalu loyal, setia dan meningkatkan kinerja untuk mencapai target dan tujuan bersama-sama. Ia menekankan bahwa generasi dosen dan tendik saat ini merupakan generasi kekinian, beda dengan generasi jaman dulu, sehingga mau tidak mau harus mengikuti perkembangan teknologi untuk menunjang kinerja sehari-hari.

Ia juga menambahkan bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kompetensi dan memperkuat kolaborasi dosen dan tendik. Dengan peserta yang berasal dari berbagai tingkatan dan fungsi, diharapkan dapat memberikan wawasan baru dan mempererat hubungan antar unit.

“Peningkatan kompetensi, kolaborasi, serta sinergi sumber daya manusia secara totalitas, berperan sebagai supporting system dalam kemajuan FTSP UII ke depan,” pungkasnya.