Prodi Arsitektur FTSP UII Resmikan Ruang Kelas Bertaraf Internasional

Kualitas pendidikan semakin meningkat dengan adanya program studi dan fasilitas yang berstandar internasional., seperti Prodi Arsitektur Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) Universitas Islam Indonesia (UII) yang merupakan salah satu prodi sudah terakreditasi internasional Korea Architectural Accrediting Board (KAAB) dan memiliki Program Internasional (IP).

Mempertegas komitmen tersebut, Program Studi (Prodi) Arsitektur UII membuka 2 (dua) ruang kelas baru Program Internasional. Peresmian dilakukan oleh Dekan FTSP UII  (Miftahul Fauziah, S.T., M.T., Ph.D.), pada Rabu (13 Maret) dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh Ketua Jurusan Arsitektur (Noor Cholis Idham, S.T., M.Arch., Ph.D.) di ruang kelas Program Internasional Arsitektur Gedung Mohammad Natsir FTSP UII Jl.Kaliurang Km.14,5 Sleman Yogyakarta.

Sementara Sekretaris prodi Arsitektur Program Internasional (Dr.-Ing. Putu Ayu Pramanasari Agustiananda, ST, MA) mengatakan bahwa peningkatan kualitas ruang kelas merupakan urgensi mengingat Jurusan Arsitektur telah memiliki dua angkatan Program Internasional. Ia menuturkan kelebihan dari dua ruang kelas IP ini dibandingkan kelas-kelas reguler lainnya ada pada desain dan kelengkapan ruang. Sebagai working space, kedua kelas yang masing-masing berkapasitas 32 mahasiswa ini dilengkapi dengan meja individu dan kursi putar agar ergonomis. Dinding kelas juga dilengkapi dengan papan tempel karya mahasiswa.

Tiga macam pencahayaan yang diaplikasikan, seperti pada dinding digunakan untuk menyorot karya-karya, pada langit-langit yang digunakan pada saat diskusi, serta pencahayaan tidak langsung ketika dosen menyampaikan materi via projektor. “Kelebihan lainnya adalah penghawaan buatan serta desain interior modern yang ‘bersih’ dan minimalis. Ungkapnya.