Prodi Sarjana Teknik Sipil Raih Akreditasi Internasional IABEE dan “Unggul” LAM Teknik

Program Studi (Prodi) Sarjana Teknik Sipil, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) Universitas Islam Indonesia (UII) berhasil mempertahankan status akreditasi Internasional dari Indonesian Accreditation Board for Engineering Education (IABEE), sebuah lembaga akreditasi internasional yang mengukur kualitas dan pengelolaan pendidikan tinggi di bidang teknik dan computing. Raihan tersebut tertuang dalam Sertifikat Akreditasi No.00129.A yang ditandatangani oleh Ketua Komite Eksekutif IABEE, Prof. Dr. Ir. Muhammad Romli, M.Sc.St., IPU.

Ketua Prodi Sarjana Teknik Sipil, Ir. Yunalia Muntafi, S.T., M.T., Ph.D., mengungkapkan bahwa akreditasi Internasional yang diberikan oleh IABEE menunjukkan bahwa Program Studi Sarjana Teknik Sipil FTSP UII telah memenuhi standar kualifikasi internasional pendidikan tinggi sesuai standar internasional Washington Accord (WA) yang paling diakui secara luas untuk pendidikan tinggi bidang teknik serta sesuai dengan tuntutan dunia industri melalui proses pendidikan yang mengacu pada hasil capaian pembelajaran, Outcome Based Education (OBE).

“Proses akreditasi yang dilakukan oleh IABEE meliputi penilaian komprehensif terhadap 4 kriteria, yaitu orientasi kompetensi lulusan, implementasi pembelajaran, asesmen capaian pembelajaran, dan perbaikan berkelanjutan,” ungkapnya.

Selain itu, juga memperoleh penyetaraan status akreditasi peringkat “Unggul” oleh LAM Teknik, sebuah lembaga akreditasi mandiri pada program studi keteknikan dengan Surat Keputusan No.0026/SK/LAM Teknik/PYT/IV/2023 yang ditandatangani oleh Ketua Komite Eksekutif LAM Teknik, Prof. Dr.-Ing. Ir. Misri Gozan, M.Tech., IPU., ASEAN.Eng. Hasil akreditasi tersebut berlaku sampai dengan 31 Maret 2028.

Sebagai rasa syukur atas raihan akreditasi tersebut, diadakan khataman “Khotmil Qur’an” yang dilaksanakan pada Rabu, 21 Ramadan 1444H/12 April 2023 serta tasyakuran yang diselenggarakan pada Sabtu, 23 Syawal 1444 H/13 Mei 2023 di Gubug Makan Mang Engking Soragan Castle, Jl. Soragan No.13, Kembang, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta.