Penutupan PMB 2017 FTSP UII: Ingin Berhasil Meraih Cita Cita Pegang Resep “DUIT”

penutupan pekta 2017 FTSP UII

Acara ini adalah salah satu bagian yang kecil dari perjalanan kita yang panjang. Perlu diingat bahwa masa study adik adik hanya 4 (empat) tahun hanya sampai tahun 2021. Pegang erat erat, tulis kuat kuat bahwa tahun 2021 harus sudah lulus.

sambutan dekan ftsp uii saat penutupan pekta 2017

Demikian dituturkan Dekan FTSP UII (Dr._Ing.Ir.Widodo, M.Sc) dalam acara Penutupan Penyambutan Mahasiswa Baru (PMB) Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) Universitas Islam Indonesia (UII) Jum’at (25 Agustus) bertempat di Hall Gedung Mohammad Natsir FTSP UII Jl.Kaliurang Km.14,5 Sleman Yogyakarta, yang dihadiri 400 (empat ratus) mahasiswa dari jumlah 554 mahasiswa baru Tahun Akademik 2017/2018 yang terbagi menjadi 235 Program Studi (Prodi) Teknik Sipil, 149 Prodi Arsitektur, dan 170 Prodi Teknik Lingkungan.

Dekan FTSP UII mengajak kepada para mahasiswa baru 2017 FTSP UII,  peganglah erat erat resep dari Ustadz Ir.Munichy BE, M.Ach., IAI dengan DUIT; yaitu Do’a, Usaha, Ikhtiar, dan Tawakal. Dengan DUIT itu fokuslah study, bekerja , dan fokus dalam pengembangan.

diskusi-dekan-ftsp-uii

Sementara professional keprofesian sekaligus sebagai ustadz (Ir.Munichy BE, M.Ach., IAI) mengatakan kalau adik adik menginginkan keberhasilan dalam meraih cita cita maka peganglah resep yang mujarab yaitu dengan DUIT.

Ustadz Munichy mengartikan DUIT bahwa, D adalah Do’a. Indah sekali amalan seorang muslim ketika ia menghadirkan hati dalam do’anya yang semata-mata hanya ditujukan untuk Allah, sungguh doa semacam itu yang mampu mengetuk pintu surga. Doa adalah permohonan kepada Allah yang disertai kerendahan hati untuk mendapatkan suatu kebaikan dan kemaslahatan yang berada di sisi-Nya. Sedangkan sikap khusyu’ dan tadharru’ dalam menghadapkan diri kepada-Nya merupakan hakikat pernyataan seorang hamba yang sedang mengharapkan tercapainya sesuatu yang dimohonkan. Itulah pengertian doa secara syar’i yang sebenanya.

U adalah Usaha.  Apa Itu Usaha,   Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan atau harapan yang diperlukan atau diminta. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Untuk itu berusahalah untuk menggapai apa apa yang akan kamu harapkan.

Kemudian I adalah Ikhtiar. Ikhtiar adalah usaha manusia untuk memenuhi kebutuhan dalam hidupnya, baik material, spiritual, kesehatan, dan masa depannya agar tujuan hidupnya selamat sejahtera dunia dan akhirat terpenuhi. Dan diakhiri dengan T yang berarti Tawakal.

Tawakal adalah berserah diri sepenuhnya kepada Allah swt dalam menghadapi menunggu hasil dari suatu usaha atau pekerjaan.Tawakal menyandarkan kepada Hamba Allah saat menghadapi suatu kepentingan. Berserah diri kepada-Nya dalam keadaan kesukaran, teguh hati tatkala ditimpa musibah dengan disertai jiwa yang tenang dan hati yang tentram. Keyaknan inilah yang mendorong kita untuk menyerahkan segala persoalan kepada Allah Swt, sehingga dapat mengakibatkan hati menjadi tenang dan tentram. Tutup Ustadz Munichy.